Kebangkitan Budaya Sajang


KM. Sajang Bawak Nao_ Sajang, 22/08/2019 Merupakan salah Satu Desa yang ada di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, dimana Sajang ini sendiri memiliki kebudayaan dan adat-istiadat yang cukup kental Pada masanya dulu.

Seiring dengan waktu, tahun berganti tahun adat Dan kebudayaan Didesa sajang mulai terluka, Sudah banyak dilupakan Dan ditinggalkan Karena perkembangan Zaman.

Hampir selama 30 tahun kebudayaan kebudayaan sajang takpernah terlaksana semenjak Dari tahun 1990an, demikianlah info yang didapatkan Dari beberapa tokoh adat yang ada di Desa Sajang Kecamatan Sembalun.

Kebangkitan Budaya Sajang, dirancang oleh Tim pengelola Budaya Sajang  yang tergabung dalam klompok PAPAR ( Pemuda Adat Dan Pariwisata ) Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur NTB. 

Papar yang berkolaborasi dengan POKDARWIS Desa Sajang, Perayaan Ini disport oleh anggota KKN Universitas Yogyakatra yang tergabung dalam klompok GENESIA merancang kegiatan Festival Budaya Sajang untuk membangkitkan Dan Melaksanakan kebudayaan yang Sudah lama tak terlaksanakan. Baik itu adat sesembek Maupun budayalokal drama sajang. 

Pada pelaksanaan kegiatan festival Budaya sajang Ini guna untuk melestarikan Budaya yang Sudah lama tidak diditerapkan di Desa Sajang 


Festival Budaya Sajang" 30 - 31 Agustus 2019 di Bale Lokaq dan Lapangan Dusun Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur - NTB

Diramaikan dengan beragam Kegiatan : 
- Penampilan Gendang Beleq
- Penyambutan Sembek
- Penyucian benda pusaka
- Drama Sajang
- Penampilan Budayawan Sajang
- Berindu bersama 

By. Hajrul azmi

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru