Spirit Dari Wawo

Sebelum ke Lamere, Sabtu Siang( 3 Agustus 2019 ) saya dan Tim Makembo mampir di Wawo untuk wawancara khusus tentang rencana tutorial pemakaian Sambolo dengan Ketua Lembaga Adat Desa Maria Bqpak M. Hasan H.Abubakar, BA. Saya sangat bangga dengan beliau yang tetap setia mengenakan pakaian adat Mbojo pada berbagai kesempatan. Menyambut Tim Makembo beliau langsung beganti busana dengan mengenakan Sambolo dan pakaian adat Mbojo.

Wawancara pun melebar ke Raja Manggampo Jawa dan jejaknya di Wawo. Makamnya di Dusun Kawae. Ada satu peti tua yang berisi tombak dan atribut peninggalan Majapahit di deaa Maria kecamatan Wawo. Namun ketika kami berkunjung ke rumah tua itu, pemegang kunci sedang melayat. Insya Allah besok kami akan mampir di Wawo lagi.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bima ini masih tetap bersahaja..Beliau menitipkan pesan kepada saya dan tim Makembo agar terus menggali sejarah dan budaya Mbojo. " Anakda, teruslah konsisten dan komit untuk menggali sejarah dan budaya Mbojo. Masih banyak yang tersembunyi dari peradaban tanah ini. "

Saya pun menjawab " Siap mengemban amanah ini ".

Untuk tutorial Sambolo, akan diposting setelah kami juga mengunjungi Tarlawi, Donggo dan beberapa tokoh budaya di Kota Bima agar tutorialnya lengkap.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru