Makembo Gelar Kemah Budaya Dan Literasi

KM.Makembo) Komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo( Makembo) berkolaborasi dengan Gerombolan Pencinta Alam ( Gempa) desa Sai kecamatan Sormandi Kabupaten Bima mengadakan kegiatan kemah budaya dan literasi di pantai desa Sai. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada sabtu dan minggu 29 dan 30 Juni 2019. Kegiatan itu mengangkat teman “ Menggali khasanah Budaya di desa Sai “.

Rangkaian kegiatan diawali dengan kegiatan literasi dengan metode 3 M yaitu membaca, menulis dan menceritakan kembali teks bacaan yang dilaksanakan pada sore hari di PAUD Alfa Salam desa Sai kecamatan Soromandi. “ Teks bacaan adalah tentang situs Wadu Pa’a dan Benteng Asa Kota. Hal ini dimaksudkan untuk mendekatkan anak-anak dengan potensi alam dan budaya setempat.” Kata Ketua Makembo Alan Malingi. Dikatakannya, dua situs itu ada di desa Sai dan sekitarnya. Mendekatkan dan mengenalkan situs sejarah di sekitar desa Sai adalah upaya efektif yang mudah dicerna dalam kegiatan literasi.

Pada malam hari dilaksanakan diskusi sejarah dan budaya untuk menggali sejarah Bima dan khususnya desa Sai. Diskusi budaya dipandu oleh Sofyan dari Desa Sai dengan narasumber tokoh masyarakat desa Sai Kusnadi, SH, M.Hum.Diskusi seputar sejarah desa Sai yang berarti singgah atau mampir. “ Sejak dulu Sai memang menjadi tempat persinggahan para pelaut dan pedagang yang mengisi perbekalan sebelum melanjutkan perjalanan. Di sini ada mata air yang sudah lama ada yaitu mada oi Sai. Oleh karena itulah desa ini disebut Sai. “ Papar Kusnadi yang juga mantan anggota KPU dan Panwaslu Kabupaten Bima ini.

Kegiatan kemah budaya dan literasi berakhir pada minggu siang setelah menjelajahi situs-situs budaya di desa Sai dan sekitarnya seperti Mada Oi Sai dan Situs Wadu Pa’a.(Y)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru