Tradisi Begawe Masih Terjaga

Tradisi Begawe di tengah-tengah masyarakat Lombok masih sangat kental. Tradisi yang turun menurun dari nenek moyang harus tetap dijaga.

Salah satu dusun Dasan Agung yang ada di desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara Lombok tengah ini.

Beberapa waktu lalu semangat gotong royong yang dibangun merupakan salah satu bentuk kebersamaan antar pemuda ketika salah satu remaja yang menikah.


Hal itu biasa dikenal dalam keseharian masyarakat disebut istilah Betulong yaitu pergi bersama-sama untuk membantu biasanya setelah shalat isya untuk mengkupas kulit kelapa, kupas nangka, persiapan buat Ares, masak nasi saat dini hari untuk esok harinya pada acara intinya, sebagai bentuk pelayanan kepada para tamu undangan, kerabat andai tolan.

Tentu dengan cara itu meringankan beban yang punya Gawe, memudahkan dalam hal pelayanan kepada masyarakat sekitar.  Tentu saja itu menjadi wadah untuk bertemu dan silaturrahim disaat pesatnya kemajuan teknologi.

Tapi, dengan kemajuan teknologi di era modern ini, tentu bisa menjadi ancaman terkikisnya tradisi atau budaya tersebut.

Dari kalangan muda di lombok tentunya harus dijaga secara bersama-sama dengan merawat keberlangsungannya sampai pada masa-masa yang akan datang.

Kalau tidak dijaga maka yang terjadi adalah tradisi yang sudah ada dari dulu hilang begitu saja. Semoga saja semangat persatuan pemuda ini tetap terjaga hingga tua.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru