Sejarah Dan Eksistensi IKA 010

Organisasi adalah sebuah perkumpulan atau himpunan untuk merumuskan gagasan yang membangun dan merencanakan sesuatu untuk direalisasi dalam rangka mencapai perdaban bangsa, daerah dan umat. Oraganisasi juga adalah sebuah alat untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan dan mencari jawaban dari sebuah pertanyaan, oraganisasi pertama kali didirikan oleh H. Samanhadi di suakarta pada tanggal 06 Oktober 1905 yang bernama rekso reo makso atau dalam Bahasa Indonesia perkumpulan ronda dan kemudian diikuti oleh budi utomo 20 Mei 1908 dan diikuti oleh Masyumi 07 November  1945 dan ikuti oleh HMI 05 februari 1947 dan ikuti oleh perkumpulan perkumpulan lain seperti Ikatan Keluarga Besar Alumni 2010 atau disingkat dengan IKA 010

Awal mula perkumpulan ini dimotori oleh sekelompok orang yang kebetulan nongkrong di paruga na’e lapangan kara desa Kananga kec. Bolo dalam keasyikan obrolan sekelompok orang itu hingga merencanakan kapan jadwal buka bersama untuk Alumni 2010. (Paruga na’e kananga 02/07/2017) Dengan intensitas komunikasi tetap terbangun baik dalam lintas silturahim dari rumah kerumah dari desa ke kecamatan dan dari kegerup Whatt Shapp yang  tetap ramai hingga akhirnya menciptkan sebuah bukti. Dari hasil dengan terbinanya hubungan baik dan intens nya komunikasi itu lahir sebuah animo dan paradigma yang seirama dan senada  agar perkumpulan ini dijadikan sebuah wadah atau perkumpulan yang bersifat formal dan legalitasnya diakui oleh pemerintah kabupaten bima, ada beberapa rang  dengan semangat yang sangat tinggi dan keinginan yang sama akhirnya merumuskan kelompok tongkrongan itu menjadi sebuah ikatan yang memiliki legalitas kepengurusan yang jelas. Respon positif dan dukungan dalam gerup Whatt Shapp pun ada, akhirnya dalam kurun waktu yang cukup dekat satu minggu ba’da itu  Ikatan Keluarga Besar Alumni 2010 terbentuk dan tampil didana mbojo/Dana mambari ro mpaha umumnya.

 Ikatan Keluarga Besar Alumni 2010 atau disingkat dengan IKA 010 adalah sebuah perkumpulan antara Alumni SMA,MAN,PGRI,MAHDAR DAN SMK yang ada ditiga kecamatan yaitu kecamatan bolo, Madapangga dan Soromandi dengan visi misi yang membangun yakni demi kemajuan daerah bima tercinta, yaitu maju dari sector Ekonomi, Pendidikan dan Agama dan jauh dari konflik yang merugikan kelompok dan masyrakat.

Dengan ketua atau dinahkodai  oleh Ramdani Fajar M.Pd ikatan keluarga besar alumni 2010 merumuskan program- program kerja yang membangun sesuai dengan  visi misi ikatan,  

Dalam  bidang keagamaan salah satu program kerjanya adalah bedah ringan masjid yang dilaksanakan satu kali seminggu tepatnya  setiap hari jum’at,  program yang membangun ini mendapatkan  dukungan dari pihak pihak luar seperti pemerintah kecamatan dan pemerintah desa tokoh agama tokoh masyarakat yang ada di kecamatan Bolo, Rahmat hidaya Ini merupakan program yang memberikan warna baru terhadap keberlangsungan masa depan islam dimasa yang akan datang  saya melihat ikhtiar ini adalah langkah agar  terhindarnya umat islam dari kedangkalan dalam cara pandang islam semoga apa yang kita lakukan ini bernilai ibadah dihadapan tuhan yang maha Esa. (Pengurus IKA  21/05/2018) selaras dengan sabda  marbot mosholah Ar-rahman desa nggembe mengucapkan terimaksih banyak atas bantuan dan bakti keagamaan yang dilakukan oleh pemuda dan Alumni Keluarga Besar Alumni 2010, semoga program ini tetap terlaksana  dan lebih maju dari sebelumnya.(Marbot nggembe, sanolo, jala dan kara)  

(Ketua Ramdani faja, M.Pd mengatakan kegiatan bedah ringan masjid ini masuk dalam program jangka pendek yang laksanakan satu kali seminggu tepatnya pada hari jum’at, wajib dilakukan sebagai seorang muslim untuk hal hal yang berbau kebersihan dan apalagi ini adalah melakukan pembersihan akan tempat ibadah yang dampak positif dari ini akan mendapatkan pahala dan kenyaman terhadap orang orang ynag melaksanakan ritual keagamaan dalam hal ini sholat lebih terangnya  Artinya islam bukan hanya dilihat dari rajinnya seorang hamba dalam melakukan ritual islam seperti sholat zikir dan lain. Tapi bagaimana kenyamanan dalam melakukan ibadah itu bias tercapai dan bisa merealisasikan kebersihan adalah bagian dari iman itu. Ujarnya. (Nggembe/ 21/05/2018)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru