Parade Budaya Mnek 2018 Kenalkan Budaya NTB di Mata Dunia”

Pembukaan Parade Budaya Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat, beserta jajaran TNI Angkatan Laut Republik Indonesia, dan Perwakilan undangan dari 37 Negara. Parade Budaya MNEK 2018 start dimulai dari depan Masjid Hubbul Wathan Islamic Center dan finish di Mataram Mall, Sabtu (5/5/18). 

Berbagai atraksi yang di persembahkan untuk dapat memperkenalkan budaya NTB ke mata dunia. Adapun Terdapat 10 daerah yang mempersembahkan atraksi budaya, antara lain daerah Dompu, Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Besar, Sumbawa, Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Barat, Mataram, dan Lombok Tengah. 

Setiap daerah mempersembahkan atraksi yang memberikan kesan yang mendalam kepada para tamu undangan. Tidak sedikit yang mengabadikan momen serta takjub dengan atraksi daerah yang dipersembahkan, salah satunya atraksi dari daerah Lombok Tengah, atraksi yang dipersembahkan adalah Peresean. Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki yang bersenjatakan tongkat rotan dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras. Petarung dalam peresean biasanya disebut pepadu dan wasit disebut pakembar. 

Selain itu atraksi yang memberikan hiburan dan gelak tawa kepada para tamu undangan yakni atraksi budaya dari Kabupaten Lombok Barat, mempersembahkan sebuah tarian yang dilakukan oleh prajurit jaman dulu untuk memberikan semangat kepada para pejuang untuk maju perang melawan penjajah sebagai wujud loyalitas kepada pimpinan. Tarian ini juga digunakan untuk menghibur para prajurit yang telah kembali dari medan perang. 

Parade budaya sukses menghibur masyarakat yang ikut hadir untuk menyaksikan berbagai atraksi budaya dari NTB. Salah satu warga kota Mataram yang ikut hadir dan antusias dengan adanya Parade Budaya MNEK 2018 adalah Nia Aprilia ”saya sangat antusias dengan acara ini dan berharap dengan adanya acara MNEK 2018 dapat memberikan kesempatan NTB memperkenal budaya NTB keseluruh dunia” tutur Nia. (Tim media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru