Menyambangi Peninggalan Bersejarah Wadu Kajuji

KM. LENGGE WAWO,- Mpa,a Kajuji,dalam bahasa indonesianya adalah permainan congklak,permainan yang melibatkan dua orang,dengan media permainannya sebuah benda keras, entah dari papan, batu ataupun benda lainnya.

kajuji ternyata pernah menjadi permainan favorit dulu pada saat kerajaan Bima masih berkuasa, sesuai dengan penuturan bapak M.Said (78) salah satu warga desa Maria yang saya jadikan narasumber untuk mendapatkan data ketika menyambangi situs wadu kajuji yang terletak di desa Maria.

Berdasarkan penuturan bapak M.Said, wadu kajuji ini dulu adalah tempat bermainnya anak anak yang menunggu giliran mandi di temba mbojo, temba mbojo sendiri adalah sebuah mata air yang terletak di desa ini dan sekarang namanya sudah diabadikan menjadi nama sebuah dusun. dulu temba mbojo adalah salah satu sumber air yang sangat penting di daerah wawo, berbeda dengan sekarang, yang terlihat hanya tanah basah tanpa sedikitpun air yang keluar.

Wadu kajuji adalah salah satu peninggalan lama dan bersejarah di kecamatan wawo, merupakan satu dari banyak sekali situs situs peninggalan lama di kecamatan wawo yang belum begitu diketahui. seperti yang sudah KM LENGGE posting juga sebelumnya, peninggalan peninggalan lama di wawo banyak sekali, diantaranya Maria, di desa Ntori, di kambilo, dan situs situs bersejarah lainnya. ()

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru