Sumbawa Miliki Beragam Budaya


Sumbawa Besar, Bupati Sumbawa H. Husni Jibril sambut peserta Pawai Budaya Festival Moyo 2017 diawali dengan memukul Gong sebagai tanda penerimaan pawai budaya yang berjalan dari Taman Mangga menuju Taman Kota Bugis Sumbawa Besar NTB , Senin 11 September 2017.

Hadir pada upacara pembukaan Pawai Budaya , Wakil Bupati Sumbawa,Staf Ahli Pariwisata Bidang Kebudayaan , Ketua DPRD Sumbawa ,Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sumbawa,Setda,Asisten ,Para Asisten Sekda,Staf Ahli Bupati , Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ketua PHRI Prop NTB,Camat Se Kabupaten Sumbawa .

Sambutan Bupati dalam penerimaan pawai budaya bahwa kegiatan pawai budaya yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan kekayaan khazanah masyarakat di Kabupaten Sumbawa, karena sebagai bagian jati diri seluruh anak negeri ini,eksistensinya dan sebagaimana dibuktikan selama in mampu menjadi perekat yang tak lapuk karena hujan,tak lekang oleh panas,dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai paguyuban yang ada didaerah kita ini. Masa boleh berlalu,era boleh berganti, namun eksistensi dan keberagaman budaya yang kita miliki sampai kapan pun ,karena apapun dan oleh siapapun, harus tetap terbingkai dan membingkai indahnya kebersamaan yang telah berhasil kita bina dengan baik selama ini.

Keberagaman yang kita miliki itu harus tetap menjadi daya dorong utama dan pertama dalam meningkatkan semangat dan kecintaan kita kepada daerah ini, kemudian harus menjadi tangkis pertama dan utama terhadap dampak negative budaya budaya lainyang dapat mencabut akar budaya kita sebagai jati diri, dengan mengenah dan memahami dan menghargai budaya sendiri seorang dapat mengembangkat potensi prilaku yang baik bergaul dengan masyarakat seni dan lingkungan sosial sebagai insane yang berbudaya, kita selaku tau samawa memiliki landasan budaya yang sangat relegius yaitu adat berenti ko syara, syara berenti ko kitabullah, sehingga kultur budaya kita tau samawa sangat kental dengan ajaran Islam. 


Penyelenggaraan Festival Pesona Moyo 2017 memiliki banyak manfaat bagi masyarakat kita selain menjadi event untuk mendorong pariwisata Sumbawa juga menjadi moment yang sangat baik bagi kita dalam memelihara kekayaan budaya tana samawa apalagi daerah kita menjadi anggota dari jaringan kota Pusaka Indonesia yang memiliki tujuan untuk melestarikan Pusaka alam dan juga pusaka budaya yang menjadi modal dasar bagi pembangunan masa depan.

Dalam kaitan itu maka hari ini kita bersama sama hadir untuk mengikuti pawai budaya sebagai bagian dari upaya kita dalam melestraikan tradisi budaya daerah disamping juga mempromosikan nilai nilai kearifan loka yang kita miliki kepada dunia luar.__(joko).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru