Pacoa Jara Moti dan Sejarah Kuda Kore

Jaranan....jaranan
Jarane jaran Kore
Ora ono kendaline
Jarane mlayu dewe

Salah satu bait lagu daerah Jawa Tengah, Jaranan ciptaan Ki Hadi Sukatno. Sebuah lagu yg menggambarkan kesakralan pertunjukan permainan kuda. Adapun jara kore juga di anggap sangat liar dan susah diatur sehingga di jawa bila ada anak nakal yang susah di atur akan di panggil dengan Jaran Kore, dan RA Kartini juga mendapatkan panggilan tersebut sejak dia kecil.

Menariknya dalam bait lagu tersebut disebutkan kuda Kore dari kerajaan Sanggar. Kerajaan terletak di Utara semenanjung Sanggar. Dalam beberapa catatan abab 18, pengiriman kuda Kore ke pulau Jawa dipergunakan sebagai kuda perang.

Kemarin siang kami berkesempatan menyaksikan ketangkasan kuda Kore saat pacuan kuda yg disebut Pacoa Jara Moti, di bibir pantai Sandue. Tradisi ini sudah dilakukan oleh orang-orang dahulu saat memilih kuda perang, dimana kuda di adu mana yg tercepat akan di jadikan kuda perang.

Pacuan dan kuda sudah menjadi bagian hidup masyarakat Sumbawa, dan telah menjadi tradisi mereka. Dalam kehidupan suku mbojo kuda merupakan filosofi penerapan kehidupan mereka “Jara Mataho” yang berarti kuda yang baik merupakan simbol rumah tangga dan pekerjaan yang makmur.  [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru