Ponan, Pesta Rakyat Tiga Desa Di Sumbawa


Moyo Hilir_Pesta Ponan, sebuah tradisi masyarakat di tiga desa  ,Desa Poto,Desa Lengas dan Malili Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa ,Nusa tenggara Barat yang dirayakan dengan penuh kemeriahan dan diyakini penduduk setempat agar tanaman padi mereka mendapat hasil yang melimpah, Minggu 12 Maret 2017

Hadir dalam pesta Ponan, Wakil Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah beserta jajarannya, Muspida,Tokoh Masyarakat,dan warga tiga desa yang melaksanakan pesta ponan ini.

Perayaan tradisi Ponan adalah kebiasaan masyarakat Desa Poto,Desa Lengas Kecamatan dan Desa Malili Kecamayan Moyo Hilir, untuk memohon kesuburan dan limpahan hasil panen kepada sang pencipta,ujar salah warga masyarakat Moyo Hilir. Pesta Ponan digelar setiap tahun berkisar bulan Pebruari namun masyarakat bulan pebruari lagi disibukkan dengan musibah banjir sehingga pelaksanaan pesta Ponan diundur hingga bulan maret.


Upacara ini digelar disebuah tempat yang disebut Bukit Ponan yang terdapat beberapa makam yang dipercaya sebagai nenek moyang masyarakat setempat san salah satunya terdapat makam Haji Batu yang cukup dikeramatkan oleh masyarakat di tiga desa itu.

Pada malam hari sebelum pesta ponan dimulai,para pemuda pemudi setempat mengadakan malam kesenian,mereka menampilkan kesenian daerah Sumbawa seperti Sakeco,ratib Rabana dan lawas, sedangkan ibu bu membuat berbagai macam kue khas daerah yang terbuat dari beras seperti Petikal, buras,kue dange,onde ,ketupat dan kue janda berenang, ini semua akan disajikan keesok hari pada puncak untuk dibawa ke bukit ponan dan disajikan kepada para tamu yang berkunjung di bukit ponan dan dirumah.


Acara perayaan upacara pesta ponan diawali dengan zikir dan doa bersama di bukit ponan dan selanjutnya pembagian makanan keseluruh warga dan pengunjung serta ditutup dengan makan bersama.

Begitu meriahkannya setiap pesta ponan digelar sambutan warga setempat antusias dan para tamu yang datang meramaikan pesta ponan ini namun para tamu yang datang dari jauh, kecamatan kecamatan lain yang diundang khusus ada juga yang mendengar ada pesta berduyun duyun datang menyaksikan pesta rakyat ini, dan sebagai tuan rumah juga menyiapkan makanan , dan kegiatan ini berakhir hingga sore hari, dan pesta ini merupakan ajang silaturrahim___jk)- 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru