Kaleidoskop Makembo 2016

KM Makembo. Sepanjang tahun 2016, komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo telah melaksanakan serangkaian agenda kegiatan seni dan budaya Mbojo. Event yang digelar Makembo hanyalah event kecil tetapi bermakna dalam upaya pelestarian seni budaya Mbojo. Tahun 2016 adalah starting point untuk menetapkan langkah Makembo kedepan dengan menerbitkan kalender Komunitas yang secara mandiri dilaksanakan sesuai kemampuan dana dan sumber daya anggota Makembo.
Januari 2016 Makembo melaksanakan kemah budaya dan bioskop kampung di Sambori sekaligus menfasilitasi peremajaan Sanggar Seni Talaga Rato Sambori. Pebruari 2016, Makembo melaksanakan kemah budaya dan pendokumentasian kesenian di Donggo dan mengunjungi situs Wadu Pa’a. Maret 2016 Makembo menggelar Diskusi Kesenian yang dirangkaikan dengan seminar Etnografi di Falcao Cafe. April 2016 Makembo menjadi patner Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata NTB dalam rangka Festival Mbojo dan Sarasehan Budaya Mbojo. Mei 2016 personil makembo mendampingi peneliti dari Badan Bahasa Kemdikbud dan Kantor Bahasa NTB dalam rangka penelitian bahasa dan sastra. Kegiatan ini berlangsung hingga bulan September 2016.
Karena bulan Suci Ramadhan, Makembo hanya melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan rapat-rapat komunitas, meskipun di akhir Ramadhan melaksanakan kegiatan uji Coba Jelajah Teluk Bima dan Jelajah Makam Kuno di sekitar Teluk Bima. Bulan Juli, Makembo melaksanakan pendokumentasian kesenian di Sanggar Tololoa desa Kananga kecamatan Bolo. Agustus 2016, Makembo terus mendampingi kegiatan penelitian bahasa dan sastra bersama kantor Bahasa Provinsi NTB. September 2016, Makembo mengikuti Festival Uma Lengge dan Prosesi Kalondo Lopi. Oktober 2016 melakukan pendataan pranata Adat di Kota dan Kabupaten Bima bekerja sama dengan Dinas Budpar NTB. Di bulan Oktober juga Makembo mendokumentasikan tarian klasik Istana Bima di Muesum Samparaja Bima.
November 2016, Makembo melaksanakan kemah budaya dan pendokumentasian kesenian klasik Sanggar yaitu dua tarian klasik Sanggar dan 11 senandung Kore. Pada bulan Desember 2016, makembo melaksanakan open Trip Sagele di Ncai Kapenta kota Bima yang diikuti oleh 70 peserta dari masyarakat Jatibaru maupun dari mahasiswa Universitas Veteran Sukoharjo Solo. Dan di akhir tahun 2016, Makembo akan meresmikan Warkop sebagai wadah usaha dan diskusi seni budaya serta live musik dan pembacaan puisi.

Thanks To Partner
- Mecidana Studio Movie
- Birokrat Jalan- jalan
- Armada Finance
- Warkop 41
- Kosambo
Terima kasih juga atas supportnya buat Bapak Muhamad Irham Anwar SH. MH atau yang lebih dikenal dan Bapak H. Sutarman selaku pembina Kosambo yang selalu mendukung kegiatan Makembo.
Salam Lestari.....!

Dokumentasi beberapa kegiatan:













Dedi Kurniawan (Lance)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru