Pengenalan Budaya Gamelan Tokol

PENGENALAN BUDAYA SEJAK DINI

KM. MASBAGIK. Akhir-akhir kita sering menyaksikan di berbagai media informasi tentang berbagai tindakan yang melanggar dari norma-norma. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat terhadap budaya luhur yang ditinggalkan oleh para nenek moyang terdahulu. Jika kita menarik ulur ke belakang pada masih zaman-zaman kerajaan, segala macam tindak-tanduk itu sangatlah penuh dengan makna dan ketauladanan.

Salah satu cara untuk mengembalikan kesadaran para generasi penerus yaitu dengan mengajak para pemuda untuk mengunjungi berbagai tempat peninggalan bersejarah leluhurnya. Penulis mengajak beberapa orang siswa berkunjung ke Rumah Peradaban yang berada di Desa Lendang Nangka. Disana kita bisa melihat berbagai peninggalan baik berupa benda maupun nilai kesopanan yang masih asri terjaga hingga sekarang.

Terkait dengan penanaman kembali pemikiran akan kecintaannya terhadap budaya sendiri, penulis pun mengajak siswa untuk bermain gamelan tokol. Disini siswa mulai membagi tugas masing-masing. Ada yang memegang kelentang, ada yang memainkan suling, ada yang memainkan barungan. Para siswa ini mulai bereksplore untuk memainkan alat yang telah dipegang masing-masing. Dan tanpa disengaja menghasilkan nada yang sangat indah, walaupun masih sedikit berantakan. Mereka mencoba memainkan lagu tradisional sasak “Inaq Tegining Amaq Teganang”. Hal semacam ini, tentu perlu dikembangkan dan diberikan apresiasi yang tinggi. Semoga ini bisa menjadi salah satu pendobrak para generasi muda untuk terus bangkit dan siap melakukan pergerakan semesta. Salam dari kampung.

By_Andre D’Jails () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru