Makembo Open Trip Sagele

Sagele merupakan seni tradisi yang hidup dan berkembang bersama upacara menanam masyarakat Mbojo sejak berabad abad lamanya. Sagele ini sendiri adalah salah salah satu cara atau upaya menghibur para peladang di Bima untuk menghilangkan keletihan dan kepenatan pasca musim tanam.

Alunan musik biola dan gambo (gambus) dengan aktivitas perladangan ini merupakan dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Namun pada perkembangannya, aktivitas arugele atau sagele ini jarang lagi kita jumpai. Untuk itu para pemerhati seni, budaya, dan sejarah yang tergabung dalam Majelis Kebudayaan Mbojo (MAKEMBO) mengadakan Open Trip Sagele. Hal ini dilakukan selain untuk merawat dan menjaga tradisi turun temurun, Makembo juga berupaya untuk mengedukasi dan mengenalkan kepada masyarakat luas tentang pentingnya sebuah tradisi.

Open Trip Sagele ini akan berlangsung pada hari Minggu 11 Desember 2016 di So Oi Kanari (kawasan ncai Kapenta) Jatibaru Kota Bima. Panitia Open Trip Sagele mengharapkan kepada para peserta menggunakan rimpu untuk perempuan dan sarau atau camping untuk peserta laki-laki. Sedangkan lokasi atau titik kumpul para peserta sebelum menuju tempat kegiatan yaitu di Asi Mbojo pada pukul 06.30.

Pelestarian kesenian dan tradisi Mbojo tidak hanya dipentas formal. Melestarikan seni budaya tidak cukup hanya diskusi dan bermain wacana. Mari terjun langsung mengunjungi kantong-kantong seni tradisi Mbojo. Mari melaksanakan sesuatu yang sederhana tapi penuh makna dalam upaya pelestarian dan seni budaya Mbojo. Tutur Alan Maling, Ketua Mejelis Kebudayaan Mbojo (MAKEMBO). (Ardi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru