Gebyar Pesta Jagung di Sumbawa

Sumbawa Besar_Inmas, Bertempat di Taman Mangga Sumbawa Besar Bupati Sumbawa yang diwakili Wakil Bupati membuka secara resmi Gebyar Pesta Jagung festival Moyo, Rabu 28-09-2016.



 

Hadir dalam acara pembukaan Bupati Sumbawa,Muspida,Ketua DPRD Sumbawa Dinas Tanaman Pangan Kabu[aten Sumbawa Ibu ibu PKK,Gabungan Orgaisasi wanita,Dharma Wanita persatuan kabupaten para pelajar SMAN 1 Sumbawa, SMKN 1 Sumbawa , Mahasiswa Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar, Mahasiswa Universitas Teknis Sumbawa (UTS) serta masyrakat. 

Pada pengantar yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura selaku Ketua Paanitia Gebyar Pesta Jagung dalam Festival Moyo jagung adalah merupakan komoditi unggulan daerah yang perlu dikembangkan karena mempunya potensi yang cukup menjanjikan baik untuk pasar domestic maupun eksport.


 

Dalam gerakan Pijar nya NTB jagung merupakan salah satu unggulan pertanian NTB yang terdiri dari sapi,jagung , keberhasilan ini ditunjukkan dengan salah satu meningkatnya minat petani NTB.

Tujuan diselenggarakan Gebyar pesta jagung adalah mendorong dan meningkatkan kreatifitas ibu ibu rumah tangga khususnya dalam menyusun produk olahan jagung dan kreasi lainnya dengan bahan jagung,meningkatkan pemahaman akan pentingnya meningkatkan kualitas hidup,mengangkat citra makanan berbahan jagung agar dapat mampu bersaing dengan makanan berbahan dari beras dan terigu,meningkatkan kepedulian masyarakat tehdap lingkungan

Ada enam mata lomba yang diselenggarakan dal lomba gebyar jagung antara lain : 1. Lomba membuat produk olahan jagung,2.Lomba membuat prakarya (kerajinan) berbahan jagung,3.Lomba demontrasi membuat nasi goring jagung, 4. Lomba Bakar jagung,Lomba Cerdas Cermat agroindustri jagung dan 6.Lomba makan jagung rebus.


 

Sementara Sambutan Wakil Bupati Sumbawa Drs.H.Mahmud Abdullah menyampaikan dalam rangka mendorong dan menggerakkan masyarakat untuk mengkonsumsi salah satu bahan makanan alternative yaitu jagung.yang menjadi salah satu strategi dalam pengembangan agroindustri/agrobisnis dengan konsep ZERO WASTE (tanpa limbah) Jagung salah satu komuditi unggulan Kabupaten Sumbawa karena mempunyai potensi yang sangat menjanjikan baik untuk pasar domestic maupun ekspor. Selesai kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan lomba masak nasi goring bahan jagung yang diawali pesertanya Bupati,Wakil Bupati, Dandim,Kepala Pertanian berpasangan dengan istri, dan lomba lomba lain….(joko)…. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru