Wuku Jayengrana

KM. Sukamulia – Seperti biasa pada setiap hari Ahad, pengurus Lembaga Rowot Nusantara Lombok (RONTAL) menyampaikan kepada public mengenai Wuku yang terkandung pada minggu bersangkutan. Wayah Kembang Dje (H. L. Agus Fathurahman) menyampaikan bahwa karakter yang menyertai hari-hari pada minggu ini (Ahad, 26 Juni – Sabtu, 3 Juli 2016) disebut dengan nama Wuku Jayengrana.

Wuku Jayengrana ini merupakan wuku pertama dalam perhitungan Kalender Rowot Sasak. Wuku ini memiliki karakter: wulan kerahinan, melindungi, spiritual, kemuliaan. Anak yang lahir pada wuku ini akan memiliki karakter rasa keperdulian kepada orang lain dan juga akan memiliki karakter sesuai dengan karakter yang ada pada wuku ini.

Pekan yang mengandung Wuku Jayengrana dipengaruhi oleh suasana Patine Wong Ngawing atau matinga orang yang merasa mulia. Oleh karena itu, pada pekan ini seseorang harus berhati-hati dalam menilai diri walaupun sejatinya Allah mengaruniakan kemuliaan itu pada dirinya. Merasa mulia itu akan membuat kita seperti bulan kesiangan, yang artinya bahwa hal itu sungguhlah kurang berkenan untuk ditanamkan di dalam diri kita.

Kale bulan terdapat pada hari Rabu – Kamis. Pekan ini diwarnai hari-hari berat yang walaupun pada dasarnya memiliki bawaan yang baik. Hal yang harus dilakukan pada pekan ini adalah melaksanakan tafakkur, hindari berjalan menuju arah timur laut. Jika ada rencana membuka lahan atu pekarangan, sebaiknya dihindari (jangan dilaksanakan pada pekan ini).

Orang yang lahir pada Wuku Jayengrana memiliki karakter berilmu tinggi dan dihormatibanyak orang, serta memiliki keperdulian yang tinggi kepada orang lain (sesama). Pada pekan ini kita dianjurkan untuk melakukan amaln berupa memperbanyak istigfar dan membaca surat Al-Ikhlas. Sedangkan sedekahnya adalah membaca Surat AL-Mulk.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan karakter Wuku yang terkandung pada pekan ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sesungguhnya hanya Allah yang maha kuasa atas segala sesuatu dan kita sekalian hanyalah hamba yang tiada daya dan memiliki pengetahuan yang lemah. Untuk itu, infomasi ini disampaikan hanya sekedar untuk memberikan pengetahuan kepada kita sekalian mengenai hal-hal yang kira-kira akan terjadi selama pekan ini dan hal apa saja yang sebaiknya kita laksanakan supaya kita sekalian mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT (Sember: Fb-Rowot Rontal).

_By. Asri The Gila_ [] - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru