Pagelaran Seni Budaya Bima di Yogyakarta

Pentas seni budaya di Aula Theater Eska Universitas Islam Negeri Sunan Kaligaja (UIN SUKA) Yogyakarta tersebut menampilkan kesenian Bima yang diadakan oleh Komunitas RIMPU, yaitu para Mahasiswa Bima di Yogyakarta. Acara yang juga didukung oleh Perhimpunan Mahasiswa (Kepma) Bima dan Dompu (IKPMD) ini berlangsung meriah pada Minggu 11 Oktober 2015 bulan lalu.

Saat  tampil di kota Budaya tersebut, Komunitas Rimpu menampilkan Kareku Kandei, Tari Wura Bongi Monca dan lagu-lagu Bima lainnya, mampu "menyihir" penontonnya yang sempat hadir dalam acara pentas tersebut.

Kelompok kesenian Bima (Rimpu) yang suadh lama berkiprah di daerah lain itu, sudah melakukan unjuk kemampuan dibidang seni tari sudah banyak melakukan pementasan di Yogyakarta.


Syahrul Ramadhan, Ketua Pusat Studi Mahasiswa Bima Dompu (Pusmaja) Yogyakarta juga sangat mengapresisi gelaran budaya ini. “Iya, ini bagus. Kita sangat senang dan bangga dengan inisiasi dari teman-teman yang peduli dengan budaya kita ini. Kita sebagai mahasiswa memang harus bisa mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari Kota Pelajar ini’, ujarnya seperti yang dikutip dalam Blog dreamfile.wordpress.com.


Tarian Bima Wura Bongi Monca yang terkenal dengan kelembutan para penari yang mengenakan pakaian khasnya baju Bodo seperti Sulawesi selalu mendapat tepukan tangan para penontonnya, yang dibawakan setiap pentas.

Para Mahasiswa Bima dalam lawatan itu disamping mempertontonkan seni budaya daerah ini sekaligus sebagai salah satu daya tarik bagi masyarakat calon wisatawan yang ingin berlibur ke Bima di Pulau mSumbawa. [] - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru