Tarian Makka Simbol Keramahan Suku Mbojo

Makka merupakan salah satu tarian daerah Bima. Lebih jauh mengenai seni tradisional khas Donggo ini biasa diperuntukkan sebagai tarian sambutan selamat datang bagi tamu kehormatan yang datang menyambangi Donggo dalam acara tertentu.

Jadi Tari Makka yang menjadi warisan dari nenek moyang ini sangat jarang generasi muda yang ingin mempelajarinya, dan akan tertelan oleh transisi jaman.

Tari Makka ini biasanya ditarikan berpasangan oleh kaum pria terutama para sesepuh kampung kemudian dirangakai dengan sambutan memakai keris oleh penari, gerakan tariannyapun sederhana tidak membutuhkan latihan intensif, ditarikan saat penyambutan tamu.

Selain terlihat pada gerakan, keunikan tari Makka juga terdapat pada berbagai kosa kata bahasa yang digunakan yaitu bahasa Bima kuno. Tarian ini biasa dipertunjukkan dengan jumlah formasi 2 orang yang masing-masing memegang sapu tangan dan keris.

Dalam formasi tarian Makka yang biasa dilakukan oleh masyarakat Donggo, sering di mainkan ada tamu yang mengunjungi Donggo, dimana Donggo memiliki kearifan lain, yang juga memiliki rumah adat berupa rumah panggung yang di sebut Uma Leme dimana rumah tersebut di tinggali oleh keturunan Ncuhi (Kepala Suku).

Sajian gerakan dalam tarian ini menggambarkan sifat Suku Mbojo (masyarakat Bima) dalam menyambut tamu secara terbuka. Sifat tangan terbuka mungkin lebih tepat untuk menggambarkan karakter masyarakat Bima dalam menerima tamu yang disajikan melalui sebuah tarian yang unik dan khas. () -05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru