Mesjid Kuno Sesait Dibersihkan

Km rumah panggungku.Masyarakat Desa Sesait Kecamatan Kayangan gotong royong membersihkan areal Mesjid Kuno untuk persiapan Maulid Adat yang akan di gelar mulai Jumat,(02/01) mendatang.
Ketua Panitia Maulid Adat Abdul Wahab mengatakan, kegiatan pembersihan di sekitar areal Mesjid Kuno tersebut memang sudah di jadualkan pihak Tau Lokaq Empat (Penghulu,Pemusungan, Mangkubumi dan Jintaka) seminggu sebelum pelaksanaan Maulid Adat di gelar. Selain pembersihan di sekitar areal Mesjid Kuno Sesait, Abdul Wahab juga menyebut, ada sejumlah situs yang akan digunakan untuk mendukung proses ritual Maulid Adat, juga menjadi sasaran untuk dibersihkan. Seperti, Kampu (singgasana Raja = tempat penyimpanan benda-benda bersejarah peninggalan raja), Bale Adat (tempat Mangkubumi tinggal) dalam Kampu, situs Sumur Lokok Paok (tempat pengambilan air untuk memasak nasi Aji yang nantinya akan dinaikkan dalam acara puncak Maulid Adat), situs sumur Lokok Nampih (tempat cuci beras) dan sejumlah situs lainnya, seperti pembersihan gong dua (gamelan pengiring selama proses ritual Maulid Adat), berugak agung (tempat Tau Lokaq Empat melaksanakan ritualnya hingga selesai pelaksanaan Maulid Adat), persiapan pembuatan Payung Agung dan lainnya.

Dikatakan Wahab, rangkaian ritual Maulid Adat di Sesait kali ini dimulai pada hari Kamis tanggal 01 Januari yang diawali dengan proses merembun bagi keluaraga Tau Lokaq Empat ke dalam Kampu dan dilanjutkan menumbuk padi bulu. Kemudian pada hari Jumat tanggal 02 Januari akan dilakukan pembuatan jajan pangan (aneka kue sejenis Wajik) pada pagi harinya yang nanti akan dihidangkan saat Maulid Adat berlangsung. Kemudian pada sore harinya dilakukan pengumpulan bahan-bahan dari warga untuk kegiatan gawe Maulid Adat. Sementara itu, Gong Dua pun di turunkan. Hari Sabtui tanggal 03 Januari, Gong Dua dibawa ke berugak Kelap untuk disemayamkan sementara sebelum dibawa ke berugak sebelah selatan Mesjid Kuno untuk ditabuh hingga selesai pelaksanaan Maulid Adat. Kemudian pada malam harinya digelar prisean di halaman depan mesjid Kuno. Lalu pada hari Minggu tanggal 04 Januari digelar cuci beras ke Lokok Kremean Bat Pawang dan malam harinya menjelang Magrib adalah puncak pelaksanaan ritual Maulid Adat dengan dinaikkannya nasi Aji ke Mesjid Kuno Sesait.(zan e) - 05
 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru