Ombek Nyale

, musim penghujan hampir mendekati pertengahan musim, diperkirakan musim penghujan akan panjang sampai dengan bulan Juni Mendatang hal inilah yang oleh masyarakat setempat disebut dengan ombek nyale.

Ombek sebenarnya menurut bahasa dapat diterjemahkan secara sederhana menjadi Musim sedangkan Nyale menyimpan makna binatang berupa cacing yang hidup dilaut yang muncul sekitar pertengahan musim penghujan. Nyale sebenarnya secara biologis sama dengan cacing yang berada di daratan namun yang unik dari nyale adalah legenda terjadinya nyale, yang diyakini masyarakat adalah jelmaan putri mandalika yang membuang dirinya kelaut lepas karena tidak mampu menolak keinginan orang tuanya yang hendak mengawinkan putri mandalika.

Hubungan simetris antara Ombeknyale dengan musim hujan dapt dideteksi dengan pendekatan kultural dimana ombeknale secara budaya adalah simbol kemakmuran masyarakat dengan curah hujan yang cukup tinggi yang mengguyur lombok wilayah selatan dan kenyataan ini ditandai pula dengan ditemukannya jenis makanan yang diyakini memiliki efek magis dan bisa dijadikan obat bagi tanaman padi.

menurut keterangan sebagian masyarakat Nyale bisa dijadikan sebagai obant bagi tanaman padi dengan cara di rendam kemudian air rendaman itu di semprotkan pada tanaman padi yang berada di sawah.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru