logoblog

Cari

Mainkan Gamelan, Srikandi NTB Memukau Jakarta

Mainkan Gamelan, Srikandi NTB Memukau Jakarta

Tidak ada yang menyangka para wanita hebat NTB yang tergabung dalam Srikandi NTB lihai dan piawai memainkan alat musik tradisional NTB,

Budaya

Rintam Sanghiyang
Oleh Rintam Sanghiyang
02 Desember, 2019 16:39:15
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 1411 Kali

Tak disangka, Umi Rohmi dan Ibu Niken beserta sejumlah wanita NTB memukau Jakarta. Denting nada gamelan dari tangan indah itu memesona penonton dalam gelaran Pembukaan Pameran UMKM di Gedung Kementerian Perindustrian RI (Senin, 2/12/2019).

Dengan busana khas daerah Lombok, Umi Rohmi yang juga Wagub NTB dan Bunda Niken Ketua Dekranasda NTB memainkan gamelan bersama beberapa pejabat NTB yang semuanya wanita. Ini menunjukkan bahwa pejabat NTB turut menjaga seni musik tradisi yang merupakan kekayaan budaya Indonesia.

Pada pertunjukkan itu, terlihat seluruh anggota Srikandi memainkan musik dengan penuh harmoni. Nampak senyum sumringah dan sedikit goyangan badan mengikuiti iringan musik yang begitu khas tersebut. Selain itu, seluruh anggotanya mengenakan kostum khas NTB. Kain tenun khas NTB pun menghiasi latar panggung pertunjukan tersebut.

Pada pembukaan pameran bertajuk Gemilang NTB "Nuansa Tanpa Batas" para Srikandi memainkan tiga musik berturut turut yaitu Tabuh Pembuka, Kadal Nongaq dan Galang Bulan/Terang Bulan.

Kadal Nongaq berisi nasihat dari yang tua untuk yang muda untuk berhati-hati di dalam memilih jalan kehidupan. Sementara Galang Bulan/Terang Bulan berisi Cerita tentang masyarakat Lombok yang menerima tamu di berugaq atau gazebo. Di saat tamu hendak pamit, tuan rumah mohon maaf dan berharap dapat berjumpa.

 

Baca Juga :


Ternyata, di sela-sela Kesibukannya, para Srikandi NTB ini berlatih dengan antusias dan penuh semangat sebagai wujud cinta dan keinginan kuat mempertahankan Musik Tradisional NTB.

Selain Srikandi NTB, ditampilkan juga modern dance dari anak-anak NTB. Ini merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan seluruh potensi budaya dan tradisi yang tumbuh dan berkembang di NTB. ( )



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan