logoblog

Cari

Kayat Tebodo-bodo

Kayat Tebodo-bodo

Dunia sastra yang estetik tidak selalu mengalirkan kejernihan, Kesucian dan kesejukan, dilain waktu dan pada tempat yang kadang kadang Sastra bisa

Budaya

Chairil Anwar
Oleh Chairil Anwar
22 November, 2019 20:50:56
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 2023 Kali

Dunia sastra yang estetik tidak selalu mengalirkan kejernihan, Kesucian dan kesejukan, dilain waktu dan pada tempat yang kadang kadang Sastra bisa berubah menjadi keruh, gaduh dan sedikit pesing. Itulah hukum dunia tak pernah konstant pada satu titik namun beretorasi dan mengelidang kesegala arah.

Restorasi sastra sulit ditebak oleh logika secara murni, tetapi membutuhkan detektor multi fungsi karena arah gerakannya juga tidak melulu searah jarum jam, bayangkan kalau arahnya berbalik, maka kita akan jatuh dalam kubangan masa lalu.

Masalalu setiap bangsa tentu tidak semuanya seragam namun bercorak, dan kaya bentuk salah satunya adalah kayat atau hikayat, bagi masyarakat sasak lombok teboo-bodo bisa disetarakan dengan kebayan bagi suku sunda, atau lebai bagi suku bugis.

Te Bodo-bodo mewakili kepolosan dan keluguan, cerminan masyarakat yang tidak dikeruhkan oleh limbah kekuasaan atau dibayangi debu politik. Tebodo-bodo adalah ejawantah dari Resi yang bernasib tidak baik.

Seperti halnya Nasrudin Hoja dan Abunawas, Kabayan dan pètruk. kebenaran yang menjadi produk mereka adalah candaan bagi pemegang otoritas, sedang kebenarannya hanya milik siapapun yang sukarela menerimanya.

 

Baca Juga :


Pernah Tebodo-bodo membeli itik, hanya karena mengapung, itiknya dihanyutkan. sebab telur bebek yang baik tidak terapung, namun pertanda rusak. Tebodo-bodo yang polos, lugu, lantas menjadi bahan tertawaan karena kebenaran tebodo-bodo adalah lelucon.

Lelucon atau kelucuan adalah logika terbalik dari kebenaran, sebab kepandaian tidak selalu menjadi hal baik, bisa juga menjadi bomerang bila tipegang oleh watak kekanak kanakan orang dewasa yang tak berfikir.

#Jerua



 
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Menjadi tua adalah sebuah kebiasaan, sedangkan menjadi dewasa adalah sebuah pilihan, dari KMKrens untuk NTB yang berdaya saing. HP 081997959683

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan