logoblog

Cari

NTB Raih Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda 2019

NTB Raih Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda 2019

Tari Sireh dan Tari Kayak Sandongan meraih Apresiasi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Budaya

Kampung Media
Oleh Kampung Media
09 Oktober, 2019 00:25:03
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 8279 Kali

Tari Sireh dan Tari Kayak Sandongan meraih Apresiasi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2019 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Apresiasi ini diterima langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat H Rusman SH, MH dalam gelaran acara Pekan Kebudayaan Nasional di Istora Senayan Jakarta, Selasa malam (8/10/19).

Apresiasi ini diberikan Bersama 267 warisan budaya tak benda lainnya dari seluruh Indonesia. Diserahkan langsung oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid.

Penetapan status NTB menerima warisan budaya tak benda berdasarkan rekomendasi tim ahli yang meliputi lima domain sesuai konvensi 2003 UNESCO yang sudah diratifikasi melalui Perpres 78 tahun 2007.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah RI terhadap objek dan SDM kebudayaan. Di samping upaya untuk perlindungan warisan budaya tak benda melalui inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan dan publikasi objek pemajuan kebudayaan yang melibatkan pemda, akademisi dan komunitas.

Kedua warisan budaya tak benda berupa seni tari ini berasal dari Lombok. Tari Sireh merupakan hasil karya cipta nenek moyang dan leluhur masyarakat dusun Buani Desa Bentek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Sedangkan Tari Kayak Sandongan berasal dari Desa Saribaye, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

 

Baca Juga :


Pemberian apresiasi ini kian menggairahkan pengembangan budaya di Nusa Tenggara Barat. Kadis Dikbud NTB menjadikan apresiasi ini sebagai pemantik untuk makin menggerakkan potensi sumberdaya manusia dalam menjaga dan melestarikan budaya di NTB.

“Ini adalah pemantik kita semua untuk makin serius melestarikan budaya di NTB agar diketahui anak cucu kita,” Jelasnya bahagia.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan