logoblog

Cari

Merekam Jejak Peradaban Di Padende

Merekam Jejak Peradaban Di Padende

Padende adalah sebuah dusun dari desa Bumi Pajo yang terletak di Donggo bagian barat. Akses menuju Padende adalah belok ke utara

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
08 Oktober, 2019 09:05:15
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 408 Kali

Padende adalah sebuah dusun dari desa Bumi Pajo yang terletak di Donggo bagian barat. Akses menuju Padende adalah belok ke utara dari perbatasan Bima-Dompu di desa Rora. Padende adalah kampung sejarah yang masih menyimpan banyak misteri dan butiran peradaban masa silam.Saya dan beberapa kru Komunitas Budaya Majelis Kenbudayaan Mbojo mengunjungi Padende dan sekitarnya untuk melakukan pendokumentasian kesenian dan situs situs sejarah.

Ada 6 situs sejarah di Padende dan sekitarnya yaitu situs Wadu Tunti di So Tolo Wadu Tunti, Wadu Nocu di So Rangga lenggo, Makam yang disebut Makam gajah mada di so karama atau so Ri i Wadu Kopa di so Dungga Sampi. Hidi Edi atau hidi Kopa yang diduga telapak kaki Gajah Mada. Dan Wadu Ntari di desa Rora. Adirman, jupel Wadu Tunti mengemukakan dari 6 situs tersebut baru 3 situs yang dijaga oleh jupel yaitu wadu tunti, makam yang diduga Gajah Mada dan wadu ntari. Lokasi situs rata rata jauh dari perkampungan melewati jalan rusak dan jalan setapak serta menyusuri hutan dan persawahan.

Padende juga kaya akan sasta lisan dan tradisi tutur. Kami berhasil mendokumentasikan senandung Kalero, Sasero, Inambaru,Ala Cece, kisah asmara Dapidore,Kasipahu dan Podanda serta Rawa Mbojo.

 

Baca Juga :


Masih banyak keunikan dan misteri Sejarah budaya di Padende. Perlu kunjungan secara intesnif untuk menguak tabir sejarah dan peradaban masa silam di Pedende dan sekitarnya.



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan