logoblog

Cari

Kepala Dinas Dikbud Provinsi Ntb Hadiri Konfrensi Desa Pemajuan Kebudayaan

Kepala Dinas Dikbud Provinsi Ntb Hadiri Konfrensi Desa Pemajuan Kebudayaan

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Nusa Tenggara Barat H Rusman, SH, MH hadir dalam Konfrensi Desa Pemajuan Kebudayaan di

Budaya

Radit Nugros
Oleh Radit Nugros
08 Oktober, 2019 21:07:59
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 765 Kali

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Nusa Tenggara Barat H Rusman, SH, MH hadir dalam Konfrensi Desa Pemajuan Kebudayaan di Jakarta (8/10/19). Konfrensi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Kehadiran Rusman tak lepas dari keberhasilan Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa yang ditetepkan sebagai Desa Pemajuan Kebudayaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Desa Poto merupakan satu-satunya desa di kawasan timur Indonesia yang terpilih, dan akan direplikasi oleh desa-desa lainnya di Indonesia. Dipilihnya desa ini karena dari hasil verifikasi lapangan, Desa Poto dinilai layak untuk dikembangkan sebagai percontohan, karena memiliki ekosistem budaya yang masih hidup, seperti kesenian tradisional ratib rabana dan sakeco, tenun khas Sumbawa (kre’ alang), sadeka ponan, dan tokoh-tokoh budayawan banyak yang berasal dari Desa Poto.

Sebagai tindak lanjut dari ditetapkannya salah satu desa sebagai Desa Pemajuan Kebudayaan, Rusman akan mengambil langkah untuk melanjutkan bersama pemerintah Kabupaten/Kota, kecamatan hingga desa. “Tentu kami akan mengikhtiarkan utk melanjutkan cara baik ini di tingkat daerah dg bersinergi bersama semua level pemerintahan dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa.” Ujarnya bersemangat.

 

Baca Juga :


Konferensi Pemajuan Kebudayaan merupakan ruang pencerahan publik yang bertujuan untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan berbasis kebudayaan. Acara yang dikemas santai itu dihadiri peserta dari semua provinsi dan kabupaten kota se Indonesia. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan