logoblog

Cari

Wadu Pa’a Saksi Bisu Perjalanan Sejarah Bima

Wadu Pa’a Saksi Bisu Perjalanan Sejarah Bima

Selasa malam, 17 September 2019 saya dikunjungi siswa MAN 1 Kota Bima yang telah melakukan lawatan sejarah ke Wadu Pa'a. Mereka

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
18 September, 2019 10:53:48
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 1071 Kali

Selasa malam, 17 September 2019 saya dikunjungi siswa MAN 1 Kota Bima yang telah melakukan lawatan sejarah ke Wadu Pa'a. Mereka ingin mendapat penjelasan lebih lanjut untuk laporan study tentang Situs Wadu Pa'a setelah melakukan kunjungan ke situs itu sebelumnya.

Situs itu adalah saksi bisu perjalanan panjang sejarah Bima terutama era pra islam. Wadu Pa'a membuktikan bahwa Bima adalah tanah tua yang telah berkembang sejak abad ke 8 sesuai candrasangkala yang tertera yaitu 631 Caka atau 709 Masehi. Menelisik keadaan sekitar Wadu Pa'a dimana terdapat banyak mata air tawar dan kondisi laut yang tenang, membuktikan bahwa perjalanan peradaban Bima telah lama menjadi pertemuan arus peradaban dari barat ke timur, dan demikian pula sebaliknya.

Teluk teluk yang indah dan mungil. Mata air tawar yang tersedia sepanjang pantai Soromandi dan Donggo, didukung oleh hasil alam adalah tempat singgah yang strategis bagi para pelaut dan musafir yang mengarungi laut flores sejak dulu. Wadu Pa'a membuktikan bahwa ajaran Hindu Budha telah berkembang di Bima sejak abad ke 8 hingga era kejayaan Majapahit abad ke 14 dan masuknya pengaruh islam antara abad ke 16 dan 17.

Sukses untuk siswa dan jajaran MAN 1 Kota Bima. Teruslah menggali sejarah dan budaya agar bijak menghadapi perbedaan. Teruslah menggali sejarah agar kuat berpijak menapaki masa depan.

 

Baca Juga :


Salam,

Alan Malingi



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan