logoblog

Cari

Tradisi Ampa Wei Ndi Uma Ruka

Tradisi Ampa Wei Ndi Uma Ruka

  Bima-Dompu selain kaya dengan destinasi wisata, juga kaya dengan tradisi masyarakatnya, salah satunya adalah tradisi "Ampa Wei Ndi uma ruka". 

Budaya

Uba Leu
Oleh Uba Leu
10 September, 2019 10:29:52
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 2822 Kali

 

Bima-Dompu selain kaya dengan destinasi wisata, juga kaya dengan tradisi masyarakatnya, salah satunya adalah tradisi "Ampa Wei Ndi uma ruka". 

Bagi generasi muda mungkin akan asing didengar, karena sepengetahuan saya bahasa ini hilang dan terakhir didengar oleh generasi Bima-Dompu pada era 90an. 

Tradisi "Ampa wei ndi uma ruka" atau dalam bahasa Indonesia adalah  antar istri untuk tinggal dirumah milik laki laki. Tradisi yang Biasanya dilakukan oleh masyarakat Bima-Dompu untuk suami istri yang baru menikah itu dilakukan sehari atau dua hari setelah resepsi "jambuta" itu berlangsung. 

 

Baca Juga :


Bercucuran Air mata dari pihak keluarga perempuan seketika trdisi itu berlangsung, Dengan arak-arakan sholawat Nabi oleh masyarakat yang mengantar, sepasang suami istri dan keluarga pengantin itu diantar dengan jalan kaki menuju rumah baru yang disediakan oleh suaminya. 

Ada sebuah harapan tersendiri dari tradisi ini. yang pertama, bapak dan ibu dari seorang perempuan bisa merelakan sang anak perempuannya untuk menjalani hidup bersama keluarga baru dan rumah barunya. Yang kedua, sebagai wujud dari penyatuan kedua pihak keluarga, dan wujud dari persilahkan dari keluarga laki-laki untuk menerima keluarga baru. Yang ketiga, sebagai bukti bahwa kedua pihak keluarga sama sama mengikhlas anak-anaknya untuk hidup bersama. (Uba Leu)



 
Uba Leu

Uba Leu

Fitrah Zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir di Desa Leu Sila, anak kedua dari pasangan Deo Uba Tika dan Faridah, Adik dari Al Amin dan Abang dari Rabiatul Adawiah. #HiduplahMenghidupkan#

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan