logoblog

Cari

Tradisi Sembek Dari Bale Lokaq

Tradisi Sembek Dari Bale Lokaq

KM. Dajang Bawak Nao _ Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, Merupakan salah satu desa yang

Budaya

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
04 September, 2019 11:25:17
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 2584 Kali

KM. Dajang Bawak Nao _ Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, Merupakan salah satu desa yang masih memiliki adat dan budaya yang masih kental.

Salah satu tradisi yang diterapkan oleh masyarakat adat Adalah Ttradisi Sembek. Merupakan ritual dalam sambut tamu agung dari luar Desa.

Menurut para tokoh adat Desa Sajang,  ketika tamu sudah disembek maka Sembek itu Merupakan tanda bahwa Tamu agung yang berkunjung sudah diterima di Bale Lokak Desa Sajang Dan sekiktarnya. 

Sebelum memasuki Desa Sajang Dan menjelajah disekitaran wilayah Sajang, tamu terlebih dahulu mengambil atau diberikan Sembek dikening sebagai bukti bahwa mereka yang datang Sudah diterima baik Secara Adat Maupun Secara pemerintah Desa 

 

Baca Juga :


Adapun Sembek yang digunakan adalah daun sirih dan apur. Kombinasi daun sirih dan kapur disini menghasilkan warna merah. 

Adapun budaya sembek merupakan sikap toleransi antar ummat di desa sajang, dimana sembek yang menggunakan daun sirih dan apur ini melambangkan laki-laki dan perempuan. Demikianlah penjelasan dari Tokoh PAPAR. 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan