logoblog

Cari

Tiga Desa Unik Di Bima

Tiga Desa Unik Di Bima

Di Bima Nusa Tenggara Barat, terdapat beberapa desa tradisional yang menarik untuk dikunjungi. Tiga diantaranya adalah Desa Maria Wawo, Sambori dan

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
24 Agustus, 2019 17:07:10
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 816 Kali

Di Bima Nusa Tenggara Barat, terdapat beberapa desa tradisional yang menarik untuk dikunjungi. Tiga diantaranya adalah Desa Maria Wawo, Sambori dan desa-desa di wilayah Donggo. Tiga desa tersebut berada di dataran tinggi di sebelah barat,tenggara dan timur teluk Bima. Tiga desa tersebut mamiliki keunikan baik dari sisi tradisi, bahasa dan kearifan lokal yang telah diwarisi turun temurun. Misalnya tradisi Arugele dan sagele ketika memasuki musim tanam, serta syair-syair dan senandung penuh petuah warisan para leluhur.

 

Di Bima, anda dapat berkunjung ke desa-desa tradisional, menyelami aktivitas warga serta menikmati suguhan atraksi kesenian tradisional Bima dan kuliner lokal. Touring diawali City Tour mengunjungi sejumlah obyek wisata sejarah, bangunan tua seperti istana Bima, masjid kesultanan, Kota Tua Raba, menyusuri teluk Bima dan sunset di makam sultan Bima di bukit Dana Taraha. Hari kedua travelling menuju Desa Maria dan kompleks uma lengge (rumah dan lumbung tradisional masyarakat Wawo Bima) menyaksikan atraksi unik Adu Kepala serta tarian tradisional. Para wisatawan juga dapat mengunjungi desa Sambori dengan berbagai aktivitas warganya. Disamping itu para traveler juga dapat menyusuri situs-situs pra sejarah, mengunjungi Situs Uma Ncuhi, pesanggarahan Donggo dan Situs Wadu Pa’a (Candi tebing peninggalan masa Hindu Budha di Bima.

 

 

Baca Juga :


Penerbangan ke Bima setiap hari dengan pesawat Garuda dan Lion/Wings Air baik dari Denpasar, Mataram maupun Makassar. Akses ke Bima juga bisa melalui Pelabuhan penyeberangan Sape setiap hari dengan kapal Ferry dan dengan bus umum melalui terminal Dara kota Bima dari dan ke Mataram – Lombok.. Sedangkan melalui pelabuhan Bima tergantung jadwal pelayaran KM.Kelimutu,KM Wilis, KM Tilongkabila dan Awu serta NTB Express.(alan)



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan