logoblog

Cari

Nuansa Budaya Pada Peresmian Sekolah Alam Alquran Bima

Nuansa Budaya Pada Peresmian Sekolah Alam Alquran Bima

(KM.Sarangge ) Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi bersama Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan menghadiri Pembukaan

Budaya

KM. Sarangge
Oleh KM. Sarangge
24 Agustus, 2019 16:33:19
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 323 Kali

(KM.Sarangge ) Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi bersama Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan menghadiri Pembukaan Kegiatan Hotspot Sekolah Alam Al-Qur'an Bima (SAABIM) dan PAUD Alam Bima El Fariha, Taman Ria Kota Bima, Sabtu 24 Agustus 2019. Hadir pula Ketua Iswara Kota Bima Yuliana Syamsurih dan Ketua DWP Kota Bima Salmah Mukhtar.

Sekolah alam mengusung tema mengembalikan budaya Bima, hal ini ditandai dengan disuguhkan berbagai makanan khas Bima seperti Kaladi (Keladi), Oha Po'o (Nasi yang disantap dibakar dengan Bambu), Jago Sombu (Jagung Rebus dengan Kelapa), Ubi Rebus, Pangaha Bunga (Kue berbentuk bunga), Pangaha Owa, dan lain-lain.

Nuansa masa lampau yang sederhana menyatu suasana taman yang rindang mengembalikan berbagai memori ini, diharapkan dapat mengajarkan generasi muda untuk kembali mencintai budaya Bima. Nilai budaya tradisional makin kental terasa dengan melihat Ketua TP PKK bersama Ketua GOW dan tamu undangan lainnya mengenakan busana rimpu dengan menggunakan sarung khas Bima 'Nggoli'.

Tidak hanya berhenti disitu, Ketua TP PKK dan Ketua GOW juga mencoba tradisi "Mama" (Makan sirih dan pinang) dan "kareku kandei" yang biasa dilakukan dilakukan para wanita pada zaman dahulu. "Kambali Mbojo Mantoi" (mengembalikan tradisi Bima dahulu) menjadi salah satu fokus pemerintah Kota Bima saat ini dan juga slogan "Maja Labo Dahu" akan kembali digaungkan ditengah-tengah masyarakat terutama para generasi muda Kota Bima.

 

Baca Juga :


MARI CINTAI BUDAYA KITA.. (alan/Humasprotokol Kota Bima 



 
KM. Sarangge

KM. Sarangge

Pelopor Kampung Media di Kota Bima. Menyuguhkan Informasi Kampung Yang Tak Kampungan. Ketua Komunitas Dedy Kurniawan.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan