logoblog

Cari

Menghidupkan Kembali Kareku Kandei

Menghidupkan  Kembali Kareku Kandei

(KM.Makembo ) Kareku Kandei dalam bahasa Bima (Kareku = memukul dengan cara menumbuk menggunakan alu secara terus-menerus, Kandei = Lesung kayu).

Budaya

KM. Makembo
Oleh KM. Makembo
24 Agustus, 2019 16:23:34
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 306 Kali

(KM.Makembo ) Kareku Kandei dalam bahasa Bima (Kareku = memukul dengan cara menumbuk menggunakan alu secara terus-menerus, Kandei = Lesung kayu). Kareku Kandei merupakan kegiatan menumbuk pada lesung yang dilakukan oleh sekelompok orang pada saat-saat tertentu. Kendati pun lesung dipukul secara terus-menerus namun tempo pada setiap pemukul ditata sedemikian rupa dengan berbagai ragam ritme maka lesung akan menghasilkan irama yang teratur.

Kareku Kandei adalah sebuah tradisi unik masyarakat Bima yang telah berlangsung sejak zaman dahulu. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh kaum perempuan terutama setelah selesai menumbuk padi secara bersama-sama. Hal ini dilakukan dengan saling berpantun dan bersenandung sebagai hiburan sambil menampi beras untuk memisahkan dari sekam hingga menjadi beras yang siap dimasak.

Karena memiliki nilai seni yang tinggi, Kareku Kandei mampu menarik perhatian dari berbagai kalangan. Pada zaman dahulu, kebiasaan masyarakat memukul lesung sebagai alat komunikasi, misalnya apabila terjadi gerhana bulan dan gerhana matahari, dengan irama lesung yang menggelegar maka masyarakat cepat tanggap akan sesuatu yang terjadi. Seiring perubahan zaman, memukul kandei juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahim apabila ada seseorang yang akan melaksanakan hajatan yakni acara “mbaju ndiha” atau ajakan gotong royong untuk membantu keluarga yang akan melaksanakan acara.

Pada kegiatan pembukaan HOTSPOT Sekolah AlQuran Bima (SAABIM) dan PAUD Alam Bima Al Fatihah yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya HM Lutfi, Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan, Ketua Iswara Kota Bima Yuliana Syamsurih, melakukan kegiatan "kareku kandei". Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Ria pada Sabtu 24 Agustus 2019 penuh dengan nuansa budaya "Mbojo Mantoi".

 

Baca Juga :


Diharapkan kegiatan ini bisa memotivasi para genarasi muda untuk mencintai budaya Bima. Mari kita galakkan kembali nilai-nilai budaya Bima dan kembalikan nilai-nilai "Maja Labo Dahu" dalam kehidupan kita sehari-hari.(alan/Humaspro kota bima )



 
KM. Makembo

KM. Makembo

Pemimpin/Penanggungjawab : Ruslan. S.Sos ( Alan Malingi ) Bidang Pubdok/Kampung Media Ketua : Rahmat Hidayatullah Wakil Ketua : Dedy Kurniawan Sekretaris : Badrunsyah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan