logoblog

Cari

Musu Adetembe

Musu Adetembe

Istilah atau ungkapan ini sama dengan ungkapan Bahasa Indonesia yaitu Musuh Dalam Selimut. Musu berarti musuh. Ade berarti di dalam. Tembe

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
17 Agustus, 2019 16:47:53
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 459 Kali

Istilah atau ungkapan ini sama dengan ungkapan Bahasa Indonesia yaitu Musuh Dalam Selimut. Musu berarti musuh. Ade berarti di dalam. Tembe berarti sarung.Jadi arti dari ungkapan ini secara harfiah berarti musuh di dalam Sarung. Ada juga yang menyebut musu ade dipi yang berarti musuh dalam tikar. Meskipun hanya dibedakan oleh Tembe dan Dipi, namun maknanya tetap sama yaitu musuh di dalam lingkungan sendiri.

Mungkin karena pada masa lalu di Bima belum ada selimut dan hanya ada sarung atau tikar, maka dicetuslah ungkapan Musu Ade Tembe atau musu ade dipi.

Musuh dalam selimut paling berbahaya daripada musuh yang berada di depan mata. Musuh ini cenderung bermuka dua atau sering bermain dua arah. Inilah musuh yang paling ampuh menjatuhkan seseorang daripada senjata senjata canggih. Kebanyakan pembesar pembesar jatuh karena musu ade tembe atau musu ade dipi.

Kenapa demikian? Karena musu ini ada di sekitar kita. Bisa jadi dia adalah orang kepercayaan kita. Semua rahasia dia tau. Semua kelemahan kita dia tau. Sehingga sangat gampang dia menjatuhkan kita. Biasanya musu ade tembe ini bermaim di belakang layar. Dia adalah dalang dan pengatur skenario menjatuhkan kita.

Musu ade Tembe biasanya lahir dari sentimen, iri hati dan kedengkian yang tersembunyi dalam diri seseorang terhadap teman atau kerabatnya. Dia tidak ingin temannya berhasil. Maka dia harus mencari cara untuk menjatuhkan.

 

Baca Juga :


Mengantisipasi dan menghadapi orang seperti ini cukup sulit. Kita tidak akan pernah tahu kalau kita masuk dalam target skenario Musu Ade Tembe ini. Cara yang paling ampuh untuk menghadapi musu ade tembe adalah sabar dan tawakal kepada Allah. Dengan cara itu kita akan tetap bersikap tenang dan biarlah Allah yang akan membatalkan skenario Musu Ade Tembe. Bukankah Allah adalah Maha pembuat skenario?.

Sadia, 17 Agustus 2019.



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan