logoblog

Cari

Koko Janga Ruma Sehe

Koko Janga Ruma Sehe

Jika terdengar kokok ayam sebelum memasuki waktu subuh, masyarakat menyebutnya dengan " Koko Janga Ruma Sehe " atau Kokok ayam Ruma

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
25 Juli, 2019 05:30:23
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 476 Kali

Jika terdengar kokok ayam sebelum memasuki waktu subuh, masyarakat menyebutnya dengan " Koko Janga Ruma Sehe " atau Kokok ayam Ruma Sehe. Itulah yang berlaku di masyarakat Bima dan Dompu pada masa lalu,saat ini dengan tehnologi dan pengeras suara di tiap tiap masjid dan mushalla, istilah Koko Janga Ruma Sehe sudah hilang.

Para Syekh atau Ruma Sehe selalu bangun dini hari untuk melaksanakan berbagai ritual ibadah seperti mengaji, zikir dan Shalat Tahajjud. Maka Kokok Ayam pertama menjelang subuh itu diyakini sebagai suruhan Ruma Sehe agar warga bersiap melaksanakan shalat subuh berjamaah ke Masjid dan Mushalla.

Penghargaan masyarakat kepada syekh cukup tinggi dan sejajar dengan Raja/ Sultan. Maka dari itulah, sosok syekh dipanggil dengan Ruma Sehe.Ruma adalah Tuan. Sehe adalah Syekh.

Para Syekh yang sangat terkenal di Bima dan Dompu adalah Syekh Subuh( Subhi) penulis mushaf Al Quran La Lino yang saat ini menjadi koleksi museum Baitul Quran TMII. Syekh Abdul Gani Al Bimawi, imam masjidil Haram pada abad ke 19. Syekh Mansyur atau Sehe Jado Dompu, Syekh Mahdali atau Sehe Boe dan Syekh Muhammad yang juga guru darI Sultan Muhammad Salahuddin. Para Syekh ini adalah satu keturunan dan satu nasab yang menjadi tokoh panutan dan dikenal Karomah oleh masyarakat baik di Dompu maupun di Bima bahkan di luar negeri.

 

Baca Juga :


Koko Janga Ruma Sehe adalah cara dan tehnik dari para tetua untuk mendekatkan generasi kepada Islam dan Alquran. Karomah dari Ruma Sehe menjadi motivasi bagi masyarakat untuk belajar ilmu agama dan Alquran.Tetapi jika ada kokok ayam tengah malam, masyarakat Bima dan Dompu menyebut ada laki laki dan perempuan yang selarian atau dalam bahasa Bima disebut Londo Iha.



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan