logoblog

Cari

Seni Pepaosan Dan Presean Agar Dijaga Kelestariannya

Seni Pepaosan Dan Presean Agar Dijaga Kelestariannya

Giri Menang, KM. Kearifan lokal di Kabupaten Lombok Barat cukup banyak dan beragam. Mulai dari seni budaya, tradisi hingga kuliner. Pemerintah

Budaya

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
22 Juli, 2019 19:44:50
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 1768 Kali

Giri Menang, KM. Kearifan lokal di Kabupaten Lombok Barat cukup banyak dan beragam. Mulai dari seni budaya, tradisi hingga kuliner.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), terus berupaya menjaga dan melestarikan kearifan lokal yang ada. Salah satunya adalah seni Pepaosan dan Peresean. Kedua jenis kearifan lokal ini, digelar pagelaran Pepaosan dan Presean sebagai benuk aprsiasi dari pemerintah daerah setempat. Rencananya, kedua jenis kearifan lokal masyarakat Lombok ini rutin digelar setiap hari Sabtu dan Minggu.

Untuk pagelaran Pepaosan akan digelar di tiga titik lokasi berbeda. Lokasinya di Senggigi, Taman Kota Gerung, dan Taman Narmada. Sedangkan untuk Peresean akan digelar di Gedung Budaya-Narmada mulai pukul 15.00 - 17.00 Wita.

"Saya sangat menyambut baik dibukanya kegiatan seni dan budaya Pepaosan dan Peresean milik masyarakat suku Sasak ini. Kita mengajak semua pihak untuk bersama bersinergi menjaga kearifan lokal," kata Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid saat membuka pagelaran perdana di Gedung Budaya Narmada, Minggu (21/7).

Kata bupati, dengan adanya kegiatan ini, semua diminta terus menghidupkan tradisi lokal termasuk pelaku budayanya, karena bupati yakin dengan adanya kegiatan-kegiatan budaya seperti ini, akan terus berimplikasi terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

 

Baca Juga :


Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Lombok Barat, Hendrayadi optimis, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini mampu menampilkan lebih banyak seni budaya kedepannya. Ia juga berharap seni budaya dapat diterapkan di sekolah sebagai kegiatan ekskul, karena menurutnya, seni budaya tidak hanya untuk orang dewasa.

"Ke depan tidak hanya Peresean dan Pepaosan yang akan kita tampilkan tapi semua jenis seni termasuk seni tari Gandrung," pungkasnya.



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan