logoblog

Cari

Gajah Mada Dalam Tutur Masyarakat Padende

Gajah Mada Dalam Tutur Masyarakat Padende

Masyarakat di dusun Padende desa Bumi Pajo kecamatan Donggo punya cerita tentang sosok Sang Maha Patih Gajah Mada. Cerita itu dituturkan

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
27 Juni, 2019 12:52:00
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 1190 Kali

Masyarakat di dusun Padende desa Bumi Pajo kecamatan Donggo punya cerita tentang sosok Sang Maha Patih Gajah Mada. Cerita itu dituturkan beberapa warga setempat bersama Kepala Desa Bumi Pajo Tasrif Jamara kepada saya dan tim peneliti sasta dan tradisi lisan dari Badan Pengembangan Bahasa Dan perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Senin, 17 Juni 2019.

Gajah Mada memiliki nama lain Sadia Malewa atau orang yang selalu siap berperang. Mereka adalah tiga bersaudara. Mereka memiliki karakter masing masing. Yang pertama telah menghilang. Yang kedua ma tingi ro loa atau yang memiliki ketinggian ilmu. Yang kedua ini merantau ke Jawa. Sedangkan yang ketiga adalah Ma Bisa Ro Guna atau yang nemiliki kesaktian. Karakter yang ketiga inilah yang dimiliki oleh Sadia Malewa atau Gajah Mada.

Karena kesaktiannya, Gajah Mada dikirim ke Jawa untuk perperang. Namun pada akhir hidupnya dia kembali ke Bima hingga wafat dan dimakamkan di kampung Tolo Ri'i di atas kampung Padende sekarang.Pada masa lalu di kompleks Makam Gajah Mada diadakan ritual haul gajah mada yang dipimpin Ncuhi. Disamping itu terdapat satu tarian yang disebut Tari Kuua untuk memuja Gajah Mada.

 

Baca Juga :


 



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan