logoblog

Cari

Tradisi Doa Bola Jelang Ramadan

Tradisi Doa Bola Jelang Ramadan

Sebelum Wura Puasa( bulan ramadan), masyarakat Bima mengenal Wura Bola atau bulan Sa'ban. Di dalam Wura Bola ini, ada tradisi nasyarakat

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
29 April, 2019 09:37:19
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 646 Kali

Sebelum Wura Puasa (bulan ramadan), masyarakat Bima mengenal Wura Bola atau bulan Sa'ban. Di dalam Wura Bola ini, ada tradisi nasyarakat Bima yang sudah sejak lama ada yaitu Do'a Bola. Do' a adalah Doa. Bola adalah bangun. Tetapi Bangun dalam konteks ini artinya bangun untuk memperbanyak doa dan zikir di malam hari. Sepanjang Wura Bola masyarakat Bima menggelar Doa Bola yang biasa digelar selesai shalat isya. Warga yang berhajat mengundang para tetangga, karib dan kerabat serta keluarga untuk hadir dalam Doa Bola. Doa Bola dipimpin oleh seorang guru atau tokoh agama atau tetua di kampung.

Semasa kecil, yang menarik dalam Doa Bola adalah pembagian bingkisan yang disebut Jangko. Jangko berisi Oha Mina( nasi yang dicampur minyak, bawang goreng, daging dan hati), aneka ragam kue dan biasanya buah pisang yang masak. Bingkisan Jangko kemudian ditunggu oleh anak istri di Rumah dan menjadi rebutan.

Motivasi untuk Doa Wura Bola dalam tradisi masyarakat Bima karena merekatkan silaturahim di antara sesama. Disamping itu, malam nisfu sya’ban Allah akan mengampuni semua dosa kecuali dosa orang yang dalam hatinya menyimpan kebencian.

Disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki - sebagaimana riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,
(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

 

Baca Juga :


Selamat berdoa di Wura Bola.Mari tingkafkan ibadah.Mari bersilaturahmi. Mari bermuhasabah. Semoga kita diberikan kesehatan dan kekuatan bertemu dengan Ramadan nan Mubarak tahun ini.

 



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan