logoblog

Cari

Argan: Mari Belajar Kapatu.

Argan: Mari Belajar Kapatu.

  Demi menanamkan Jiwa Budaya kepada para pemuda zaman sekarang Argan pemuda asal Bima Kecamatan Bolo Desa Leu mengajak semua masyarakat

Budaya

Uba Leu
Oleh Uba Leu
08 April, 2019 22:56:25
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 3145 Kali

 

Demi menanamkan Jiwa Budaya kepada para pemuda zaman sekarang Argan pemuda asal Bima Kecamatan Bolo Desa Leu mengajak semua masyarakat Bima-Dompu untuk tetap mempelajari dan mengajari Budaya pantun atau kapatu. 

Pantun atau dalam bahasa Bima sering dieja denga kata Kapatu adalah alat komunikasi yang dipakai oleh masyarakat Bima-Dompu sebagai pesan moral kepada anaknya yang merantau, sebagai kalimat penyemangat untuk anak-anak yang lagi pesimis dan juga digunakan oleh para pemuda Bima-Dompu untuk merayu kaum perempuan. 

Argan mengatakan, dalam Kapatu itu memiliki makna yang mungkin kalau ditafsirkan pakai bahasa Indonesia dia memiliki makna yang sangat dalam. Misalnya: " Lampa di nonto balata au dinenti artinya kalau kita berjalan diatas jembatan tentu perlu pegang tonggak", Ujar Argan 08/04/19

Lanjut pemuda yang memiliki akun fb Argan Rakasiwi itu, Kapatu diatas kalau diterjemahkan maka dia bernuansa bahwa itu adalah pesan yang mengingatkan kepada kita semua agar memiliki bekal ketika berjalan diatas bumi Allah ini. 

 

Baca Juga :


Rakawisi menambahkan, belajar Kapatu juga sangat bermanfaat khususnya anak anak Muda sekarang, karena lahirnya sebagian jiwa budaya itu ada ketika ia bisa menulis Kapatu atau pantun Itu. "ini Bukan kampungan tapi ini adalah wujud bahwa kita cinta Budaya", Terangnya. 

"Saya mengajak anak-anak zaman sekarang untuk kembali menghadirkan Nilai-nilai budaya pada diri kita, dalam hal ini adalah Kapatu, karena Kapatu atau pantun ini merupakan ciri khas Kebimaan kita, ya tentu larinya kebudaya nanti", Harapnya. 



 
Uba Leu

Uba Leu

fitrah zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir Di desa Leu sila anak dari pasangan deo Uba Tika dan faridah adik dari Al Amin dan abang dari Rabiatul adawiah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan