logoblog

Cari

Menyaksikan Barapan Kebo Di Kejuaraan Saka

 Menyaksikan Barapan Kebo Di Kejuaraan Saka

  Saka Buffalo Race Series Championship 2019 hari Minggu kemarin (24/03/19 ) kembali digelar. Seri pembuka tahun ini diselenggarakan di Sirkuit

Budaya

Randal Patisamba
Oleh Randal Patisamba
28 Maret, 2019 18:57:41
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 6817 Kali

 

Saka Buffalo Race Series Championship 2019 hari Minggu kemarin (24/03/19 ) kembali digelar. Seri pembuka tahun ini diselenggarakan di Sirkuit Barapan Kebo Sumer Payung Desa Karang Dima Labuhan Badas. Kejuaraan Karapan Kerbau paling bergengsi di Sumbawa ini merupakan penyelenggaraan ke-3 sejak mulai diadakan 2017 lalu.

Sebanyak 32 tim dengan 160 pasang kerbau dari berbagai wilayah ambil bagian. Satu tim terdiri dari 5 pasang kerbau yang sebelumnya melalui proses seleksi. Total ada 320 ekor kerbau yang dilibatkan dalam ajang ini. Tak salah jika Saka Bufallo Race Series Championship merupakan ajang Barapan Kebo paling bergengsi dan ditunggu-tunggu di Sumbawa.

Berdasarkan aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia, semua tim dibagi dalam 3 kelas. Kelas Saka 3 diperuntukkan bagi kerbau kecil. Saka 2 untuk kerbau berukuran besar. Sedangkan kelas Saka 1 merupakan kelas bebas yang diikuti oleh perwakilan kelas 2 dan 3 masing-masing tim yg di anggap jagoan oleh manager tim.

Seperti biasa pemenang barapan ditentukan berdasarkan ketepatan dan kecepatan waktu tempuh kerbau mengenai Saka. Berbeda dengan ajang Barapan Kebo lainnya, di Saka ini panitia juga memberi penilaian untuk Malona terbaik bagi peserta yang melakukan penampilan (display) paling atraktif, Atribut Terbaik bagi kerbau yang memakai aksesoris paling menarik, Ngumang Terbaik bagi pemilik kerbau yang memperkenalkan tim mereka dengan cara Ngumang serta Joki terbaik.

Barapan Kebo merupakan salah satu permainan rakyat yang paling digemari Suku Samawa. Kepopulerannya telah menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Sumbawa. Disela kegiatan Barapan berlangsung, tak sedikit wisatawan yang tertarik mencoba merasakan sensasi dan sebagai pengalaman (experience) mereka menunggangi kerbau barapan.

 

Baca Juga :


Seri Saka Buffalo Race Series Championship selalu menjadi salah satu atraksi utama pada event Sail Indonesia dan Festival Pesona Moyo yang merupakan 100 Calendar of Event (CoE) Kemenpar RI dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia termasuk Sumbawa.

Menurut Gin Hendri selaku ketua panita, "Saya berharap, lewat Saka ini, kelestaraian budaya Samawa khusunya atraksi Barapan Kebo tetap terjaga dan bisa menjadi event besar yang menjadi daya tarik utama pariwisata Sumbawa" ucapnya disela kegiatan berlangsung.

"Target kami event Saka Bufallo Race Series Championship ini bisa menjadi event pariwisata nasional yang masuk dalam 100 kalender event Wonderful indonesia nantinya" imbuh Hendri.

Bagi sobat wisata yang tidak sempat menyaksikan keseruan event Saka Bufallo Race Series Championship kemarin. Tak perlu khawatir, karena masih ada tiga seri lagi yang akan digelar sepanjang tahun 2019 ini. Asiknya lagi, sobat wisata juga dapat menyaksikan Barapan Kebo yang diselenggarakan setiap akhir minggu diberbagai tempat di Sumbawa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan