logoblog

Cari

Manuskrip Bima Dari Sudut Antropologi

Manuskrip Bima Dari Sudut Antropologi

(KM.Makembo )Dalam rangka pelestarian manuskrip Bima dan menggairahkan generasi untuk mempelajari Manuskrip, Komunitas Makembo bekerja sama dengan yayasan Samparaja dan Mbojoklopedia

Budaya

KM. Makembo
Oleh KM. Makembo
28 Maret, 2019 08:35:54
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 1785 Kali

(KM.Makembo )Dalam rangka pelestarian manuskrip Bima dan menggairahkan generasi untuk mempelajari Manuskrip, Komunitas Makembo bekerja sama dengan yayasan Samparaja dan Mbojoklopedia menggelar diskusi dan kajian tentang manuskirp Bima. Kegiatan dilaksanakan di Museum Samparaja Bima pada tanggal 17 Maret 2019. Diskusi membahas tentang manuskrip Bima dari sudut pandang ilmu antropologi.

Budayawan Bima, Alan Malingi dalam pengantarnya mengemukakan bahwa sejauh ini manuskrip Bima masih sebatas proses digitalisasi dan penterjemahan untuk kepentingan sejarah dan belum ada kajian yang lebih mendalam dari berbagai aspek seperti sastra, sosial, antropologi dan aspek kebudayaan secara luas. Sementara itu, kandidat Profesor Adlin Sila, salah satu peneliti di Litbang Kementrian Agama mengusulkan agar ada diskusi yang rutiin digelar di Museum Samparaja guna mengkaji manuskrip Bima dalam berbagai aspek keilmuan.

Menurut Adlin yang telah melakukan riset yang intens selama satu tahun di Bima pada tahun 2011 hingga 2012, Manuskriip Bma seperti BO adalah maha karya leluhur Bima yang banyak menyimpan tatanan nilai kearifan di masa silam yang perlu digali dan direvitalisasi untuk generasi kini dan akan datang. (y)

 

Baca Juga :




 
KM. Makembo

KM. Makembo

Pemimpin/Penanggungjawab : Ruslan. S.Sos ( Alan Malingi ) Bidang Pubdok/Kampung Media Ketua : Rahmat Hidayatullah Wakil Ketua : Dedy Kurniawan Sekretaris : Badrunsyah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan