logoblog

Cari

Kakiri Mori, Bukti Cinta Ibu Yang Tak Berwaktu.

Kakiri Mori, Bukti Cinta Ibu Yang Tak Berwaktu.

Ibu merupakan sosok yang tak pernah putus dalam mempersembahkan dan memberikan kasih sayang kepada anak anaknya, lewat Jenis Kelamin ia melahirkan

Budaya

Uba Leu
Oleh Uba Leu
21 Maret, 2019 11:44:47
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 2431 Kali

Ibu merupakan sosok yang tak pernah putus dalam mempersembahkan dan memberikan kasih sayang kepada anak anaknya, lewat Jenis Kelamin ia melahirkan banyak Kepala, lewat jari jemarinya ia mengelus anak anaknya. Itu semua dengan harapan agar anak-anaknya kelak menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. 

Ibu dan anak adalah Darah yang Allah pisahkan dalam wujud manusia dan nama, lewat Ikatan darah itu tercipta kontakan batin, semua itu terlihat ketika sang anak sakit dan air mata dari sang Ibu. 

Untuk membenarkan bentuk kecintaan Ibu terhadap anak-anaknya maka kalimat dalam bahasa Daerah Bima-Dompu yang berbunyi Kakiri Mori akan pas untuk disandingkan. 

Melewati Gunung yang menjulang tinggi dan tikungan tajam untuk sebuah kebenaran Makna Kakiri Mori, masuk kawasan Dana Mambari Ro Mpaha, Tepatnya Kabupaten Bima-Dompu bahasa Kakiri Mori ditemukan. 

Kakiri Mori Adalah Sya'ir dan elusan malam seorang ibu, Sebagai bentuk kekhawatiran terhadap anak-anaknya akan mimpi buruk yang dialami oleh seorang Ibu pada malam itu. 

Hari Rabu 20/03/19 duduk di serambi kos kosan Ibu Tina, seorang ibu berusia 59 tahun warga Bima-Dompu yang beralamat dipagutan Mataram. Kata Ibu Tina, "Ketika kami kecil dulu kami sering dieluskan kalimat Kakiri Mori  oleh ibu kami, biasanya ketika ibu kami mengalami mimpi buruk, dan kebiasaan itu saya lakukan kepada anak- anak saya sampai sekarang, Dengan sya'irnya seperti ini: 

 

Baca Juga :


Kiri Maimu anaeeee, mori nawa ndede umu cia iman mu anaee, cia ndapo ro cia ro pandako diloko toko kaimu anaee maloakura ndadi dou. Artinya: Duhai anakku, semoga engkau diberikan hidup dan memiliki kepercayaan yang kokoh, kokoh yang melekat dengan perut yang melahirkanmu hingga kau bisa menjadi Insan".

Makna dalam kalimat itu, betapa waktu tak berwaktu bagi seorang Ibu untuk mendo'akan keselamatan dan keberhasilan anak-anaknya, dan Lewat elusan sya'ir Kakiri Mori, semua itu terbukti. (Uba Leu)

 



 
Uba Leu

Uba Leu

fitrah zaiman biasa dipanggil Uba Leu lahir Di desa Leu sila anak dari pasangan deo Uba Tika dan faridah adik dari Al Amin dan abang dari Rabiatul adawiah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan