logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pentingnya Pengenalan Budaya Kepada Generasi Milenial

Pentingnya Pengenalan Budaya Kepada Generasi Milenial

Pengenalan budaya terhadap generasi milenial sangatlah penting dilakukan guna memberikan pengenalan terhadap nilai seni kebudayaan pada setiap daerah yang ada di

Budaya

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
06 November, 2018 13:22:58
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 1003 Kali

Pengenalan budaya terhadap generasi milenial sangatlah penting dilakukan guna memberikan pengenalan terhadap nilai seni kebudayaan pada setiap daerah yang ada di Indonesia. Dalam kesempatan yang sama Balai ITE Dinas Kominfotik NTB menggelar Focus Group Discussion mengambil tema “Pembangunan Kebudayaan NTB Gemilang”, selasa (6/11).

Salah satu pelaku seni B.Ellyse Iswandari Mustarita, S.Sn. M.M. menjelaskan kurangnya perhatian nilai kebudayaan dan kesenian terhadap generasi milenial. Kurangnya pemanfaatan teknologi yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana pengenalan kebudayaan. 

“Kita kurang berani menjadi generasi milenial dengan memanfaatkan audio visual, sekarang anak - anak cukup dengan gadget dapat melakukan banyak hal, kenapa kita tidak buat pengenalan budaya seni tari dan sebagainya melalui media sosial” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama narasumber Muh. Syahrul Qodri, M.A merupakan salah satu akademisi mengungkapkan bahwa perlunya merubah mindset masyarakat terhadap arti dari sebuah kebudayaan. Kebudayaan bukanlah hanya sebuah pakaian tradisional, tarian tradisional atau tradisi. Kebudayaan memiliki arti yang sangat luas.

Syahrul juga memberikan strategi yang dapat dilakukan bersama - sama.
“Kita dapat Memberikan strategi ataupun langkah - langkah yang dapat dilakukan antara lain menciptakan pusat kajian kebudayaan, bekerja bersama - sama dalam memajukan kebudayaan di NTB, Interpretasi historiografi dan segala hal yang berkonotasi negatif, membangun citra sasak, sumbawa dan mbojo, menciptakan sistem pendidikan berbasis budaya, membangun sistem ekonomi dan memperbanyak literasi dan publikasi” jelasnya.

 

Baca Juga :


Salah satu generasi milenial Muna Evalianti melihat perkembangan kebudayaan cukup maju di Provinsi NTB, dengan adanya beberapa program yang didukung oleh pemerintah.

“Menurut saya perkembangan kebudayaan khususnya di NTB cukup mengalami kemajuan. Beberapa hal yang membuktikannya yaitu Dikbud NTB yang mengembangkan program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), yang mana program ini dilakukan untuk menumbuhkan bakat dan minat siswa pada dunia seni. Program ini juga merupakan program dari pusat dalam rangka menumbuh kembangkan karakter dan minat bakat siswa.” tuturnya.

Eva juga berharap agar banyaknya sosialisasi mengenai nilai kebudayaan semakin diperbanyak. “Sosialisasi itu penting, apalagi memanfaatkan sosial media sebagai sarana pendukung pengenalan kebudayaan. Banyak anak - anak jaman sekarang yang jauh dari kata mengenal, bahkan berminat saja kurang, untuk itu kami harap pemerintah dapat memberikan sosialisasi mengenai kebudayaan semakin banyak dan disesuaikan dengan perkembangan zaman” jelasnya. (ely - Tim media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan