logoblog

Cari

Tutup Iklan

Agar Budaya Mendarahdaging

Agar Budaya Mendarahdaging

Sebagai andil dalam membangun kebudayaan daerah Nusa Tenggara Barat yang gemilang, Balai ITE Diskominfotik NTB menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama

Budaya

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
06 November, 2018 09:42:33
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 918 Kali

Sebagai andil dalam membangun kebudayaan daerah Nusa Tenggara Barat yang gemilang, Balai ITE Diskominfotik NTB menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para perwakilan SKPD se-NTB dan umum, (6/11).

FGD ini dimaksudkan untuk memecah persoalaan bagaimana meninstalasi kebudayaan. Sehingga dapat menjadi darahdaging pembangunan dan mempengaruhi seluruh gerak pembangunan di NTB. 

Dalam FGD tersebut, Muh. Syahrul Qodri, M.A Pengurus majelis Adat Sasak sekaligus Ketua Dewan Kesenian NTB hadir sebagai salah satu pemateri. Dosen dFKIP UNRAM jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini banyak mendeskripsikan budaya dalam makna yang lebih luas.

"Budaya bukan hanya soal hal-hal yang spesifik seperti baju adat, tarian tradisional, atau bahasa daerah. Kebudayaan itu sangat luas. Segala prilaku manusianya termasuk cara berpikirnya juga merupakan sebuah budaya," jelasnya. 

Tidak hanya Syahrul Qodri yang notabenenya seorang akademisi, FGD ini juga menghadirkan budayawan langsung, Mustakin Biawan. Laki-laki nyentrik ini membawakan materi mengenai bagaimana melelola dan memenej infrastruktur budaya. Hal tersebut mencakup, perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan.

 

Baca Juga :


"Langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan diantaranya segera ada regulasi mengenai kebudayaan yang jelas, harusnsegera mendirikan lembaga khudud mrnangani kebudayaan yang mencakup objek pemajuan kebudayaan," jelasnya. 

Diskusi yang dipandu oleh budayawan Dr. Abdu Wahid ini berlangsung sangat kental dengan issue-issue kebudayaan. Berbagai usulan tercetus dalam diskusi ini yang selanjutnya diharapkan dapat direalisasikan oleh para pemangku kebijakan. (nov) 

 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan