logoblog

Cari

Tutup Iklan

“Jaran Ndot” Harumkan NTB

“Jaran Ndot” Harumkan NTB

Seni tari adalah suatu gerakan yang berirama, dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekspresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan.

Budaya

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
02 November, 2018 14:35:29
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 833 Kali

Seni tari adalah suatu gerakan yang berirama, dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekspresikan suatu perasaan dan menyampaikan pesan. Kecintaan pada seni tari tidak menyurutkan semangat salah satu pelajar SMKN 2 Mataram , yakni Ni Nyoman Putri Widyasari untuk dapat meraih mimpi menjadi penari profesional. Berbagai event yang telah diikuti untuk dapat melihat sejauh mana kemampuan tarinya berkembang. 

Putri panggilannya kini mengemban Pendidikan kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran. Mewakili Nusa Tenggara Barat di ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bidang tari tradisional yang berlangsung di Banda Aceh pada tahun 2018. 

Bersama kelima temannya yang diberi nama group Jaran Ndot, I Putu Ayu Citra Gatra, Ni Luh Sarini, Ni Ketut Putri Trisnawati dan Desak Ayu Putu Yunita Putri mempersembahkan tarian Jaran Raden Mas Pengantin yang terinspirasi dari kisah dusun Ndut yang ada di daerah Lingsar, sukses membawa pulang medali Superior untuk NTB, mereka sukses bersaing dengan SMK se-Indonesia yang umumnya bersekolah seni. 

Putri yang merupakan salah satu anggota Sanggar Tari Dewi Saraswati sangat mencintai seni tari, ia merasakan bahwa hobi yang disukai dapat menghasilkan uang yang dapat dimanfaatkannya untuk kegiatan sehari - hari. Diundang di berbagai event untuk mengisi acara menjadi acuannya agar dapat terus belajar dan melatih diri untuk menjadi lebih baik.

“Saya suka menari sejak kelas 1 SD, selain karena hobi saya bisa menghasilkan uang jajan juga, bisa lebih mandiri tidak minta lagi ke orang tua” tutur Putri ketika ditemui di Lobi Sekolah SMKN 2 Mataram, kamis (1/11).

 

Baca Juga :


Memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang seperti youtube untuk dapat melihat beberapa referensi tari yang dapat dilakukan Putri dan rekan – rekannya. Putri berencana untuk melanjutkan Pendidikan di Institut Seni Indonesia berkonsentrasi di bidang seni tari.

“Saya suka tari Bali dan berniat akan melanjutkan studi di ISI, kesukaan terhadap tari terkadang susah dijelaskan , karena tiap lihat orang nari bawaanya senang terus” jelasnya.

Putri dan teman - temannya patut diapresiasi sebagai generasi muda yang peduli akan kebudayaan dan kesenian Tari. Putri berharap agar dapat menjadi juara dari berbagai event dan mengharumkan nama baik NTB di tingkat nasional.

“Ayo generasi muda gunakan waktu kalian untuk melakukan kesibukan yang lebih kreatif dan dapat membuat kalian dapat mewujudkan apa yang diinginkan dan belum didapatkan” tuturnya dengan penuh semangat. (ely - Tim media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan