logoblog

Cari

Bakul Nasi Khas Sasak

Bakul Nasi Khas Sasak

Berkumpul bersama keluarga atau handai taulan adalah suatu momen yang paling tepat untuk memepererat hubungan silaturrahmi atau kekeluargaan. Pada masyarakat Sasak

Budaya

ANDI MULYAN
Oleh ANDI MULYAN
23 Juli, 2018 14:09:28
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 33711 Kali

Berkumpul bersama keluarga atau handai taulan adalah suatu momen yang paling tepat untuk memepererat hubungan silaturrahmi atau kekeluargaan. Pada masyarakat Sasak di Lombok, momen silaturrahmi ini terkadang diwarnai dengan jamuan makan bersama. Namun suatu keunikan pada masyarakat Sasak di Lombok, khususnya di daerah pedesaan, bahwa dalam acara jamuan makan bersama masih sering kita di jamu dengan nasi bakul. Nasi bakul atau nasi ponjol (Sasak) adalah nasi yang disimpan di sebuah wadah. Wadah tersebut dibuat dari serat-serat tanaman yang dianyam. Bagian atas dari bakul ini bisa terbuka, dan terkadang ada yang ditutup dengan sebuah penutup.

Beberapa desa di Lombok yang masih banyak menggunakan bakul adalah biasanya desa yang memiliki bahan baku yang cukup yaitu tanaman bambu sebagai bahan dasar pembuatan bakul atau ponjol (Sasak). Di Lombok dapat dijumpai aneka ragam bakul dengan ukurannya, yang juga sesuai dengan budaya desa masing-masing.

Dalam pengembangannya, daya kreativitas msyarakat Lombok mengalami banyak perubahan, baik dari sisi desain maupun penggunaannya. Jelasnya bahwa bentuk bakul di Lombok terdiri dari dua jenis yaitu bakul yang bisa difungsikan sebagai wadah beras atau nasi, dan wadah sayur-mayur hasil panen di kebun.

Ukuran bakul nasi (Sasak) biasanya lebih kecil dari bakul umum (berkisar seperempat dari ukuran bakul umum).Pengamatan, rata-rata di setiap pengrajin bakul di Lombok lebih cenderung mempercantik bentuk bakul nasi, sehingga bakul nasi untuk zaman sekarang menghasilkan ragam bentuk.

 

Baca Juga :


Pada masyarakat Lombok, peran bakul bukan hanya tampil pada jamuan makan bersama di dalam keluarga atau di acara  begawai (pesta) yang ada di pedesaan. Bakul ini pun tampil di berbagai rumah makan modern, seperti di Warung Taliwang yang terletak di Jl. Meninting Raya, Pagesangan Barat., Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.



 
ANDI MULYAN

ANDI MULYAN

Andi Mulyan, Tinggal di Kota Mataram Bintang : Aries Hobby : Musik Dangdut dan Menulis

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan