logoblog

Cari

Tradisi Magrib Mengaji Di Rensing Bat

Tradisi Magrib Mengaji Di Rensing Bat

KM-RENSING BAT_Magrib mengaji, merupakan tradisi turun temurun dari orang tua kita terdahulu, mereka akan tekun di Masjid-masjid, Mushalla-mushalla dan di rumah

Budaya

KM_Rensingbat
Oleh KM_Rensingbat
03 Juli, 2018 18:31:52
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 8619 Kali

KM-RENSING BAT_Magrib mengaji, merupakan tradisi turun temurun dari orang tua kita terdahulu, mereka akan tekun di Masjid-masjid, Mushalla-mushalla, maupun di rumah-rumah dalam rangka membaca Al-Qur’an sampai masuk waktu shalat Isya’.

Di Desa Rensing Bat, misalnya, kegiatan seperti ini sudah menjadi tradisi yang sulit untuk di rubah dan dilupakan, begitu waktu magrib tiba, para orang tua akan mengarahkan anak-anak mereka untuk pergi mengaji.

Masyarakat di Desa Rensing Bat pada umumnya, usai sholat maghrib biasanya waktu yang tepat dan sangat barokah untuk mengajarkan dan mendidik anak-anak mereka membaca dan mempelajari Al Qur'an dan belajar tentang agama.

Para orang tua biasanya menyerahkan anak-anak mereka mengaji Al Qur’an pada mereka yang ahli di bidangnya dan pada mereka yang memiliki kemampuan dibidang agama. Di Desa Rensing Bat terdapat puluhan tempat mengaji baik yang ada di Dusun Rensing Bat, Lepok dan Timuk Rurung mereka mengaji di Mushalla-mushalla maupun di rumah-rumah. Siangnya di hari Senin, Rabu dan sabtu mereka mengaji Tahfiz di Masjid Nurul Islam Rensing Bat yang langsung di asuh oleh TGH. Abdul Kholiq Saleh seorang tuan guru yang juga penghafal Al-Qur’an 30 Juz yang di bantu Ustad-ustad lainnya.

Manfaat mengaji ditinjau dari berbagai aspek akan memberikan dampak yang luar biasa, diantaranya :

 

Baca Juga :


  1. Mengaji secara tidak langsung mampu mempengaruhi sifat anak menjadi lebih peka terhadap sifat keTuhanan, anak sadar akan keberadaan Zat yang Maha Besar.
  2. Menghafal surat pendek atau membaca susunan ayat Al-Quran dengan susunan tertentu atau menterjemah akan memperkuat struktur otak akan kemampuan mengingat dan menggunakan daya nalarnya.
  3. Membaca Al-Quran dengan tekanan dan lafaz tertentu akan memperkuat pernapasan dan kesehatan otak serta melancarkan aliran darahnya

Yang paling penting adalah anak-anak harus memahami Al-qur'an bisa membacanya dengan baik dan benar dan salah satu waktu yang barokah untuk belajar alqur'an adalah setelah selesai sholat magrib.

Maka dari itu marilah kita dorong anak-anak kita untuk senantiasa belajar alqur'an agar generasi masa depan menjadi generasi qur'ani generasi yang berakhlak mulia dan yang paling penting adalah, terhindarnya mereka dari pergaulan bebas dan tidak terlena dengan perubahan modern zaman ini. (a_m)



 
KM_Rensingbat

KM_Rensingbat

Hidup sederhana itulah bahagia. A@angzie, WA 087758488407 (penulis), 087763052575, Desa Rensing Bat Sakra Barat-Lotim

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan