logoblog

Cari

Tutup Iklan

Lomba Rimpu & Saremba Tembe

 Lomba Rimpu & Saremba Tembe

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-43, Keluarga Besar Bima Dompu ( Mbojo ) se JABODETABEK

Budaya

Ahyansyah
Oleh Ahyansyah
23 April, 2018 18:01:13
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 20672 Kali

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-43, Keluarga Besar Bima Dompu ( Mbojo ) se JABODETABEK mengadakan Gelar Citra Budaya Traditional Bima Dompu. Kegiatan ini diadakan di Anjungan NTB, TMII, Jakarta Timur, Minggu, 22 April 2018 yang dirangkaikan dengan lomba Rimpu dan Saremba Tembe yang diikuti oleh Pemuda (sampela mone)  dan Pemudi (sampela siwe) dari masing-masing kecamatan Kabupaten Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Dompu yang saat ini berdomisili di JABODETABEK. Peserta lomba ini awalnya melakukan pendaftaran secara online, kemudian dilakukan seleksi oleh panitia dan akhirnya terpilih dari masing-masing kecamatan yang ada di Kab. Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Selain itu, dalam sambutannya ketua panitia kegiatan AKBP Ruslan Idris menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk melestarikan budaya  Bima Dompu yang semakin lama semakin tersaingi oleh perkembangan jaman. Salah satu budaya Bima Dompu yang perlu dilestarikan yakni Rimpu dan Saremba Tembe yang merupakan budaya masyarakat Bima Dompu yang selama ini menjadi ciri khas yang tidak bisa dilupakan. Maka dari itu peran pemuda dan pemudi mbojo sebagai generasi penerus sangat diperlukan dalam rangka menjaga dan melestarikan budaya tersebut sehingga keluarga besar bima dompu mengambil bagian untuk mengisi acara ulang tahun TMII dengan mengadakan Gelar Citra Budaya Tradisional Bima Dompu yang dirangkaikan dengan lomba Rimpu dan Saremba Tembe bekerja sama dengan Anjungan NTB TMII.

Acara yang dimulai pukul 09. 00 WIB itu, dihadiri oleh seluruh Keluarga Besar Bima Dompu Se JABODETABEK, tokoh masyarakat Bima Dompu dan artis ibu kota lainnya. Selain itu juga, yang menjadi dewan juri lomba ini didatangkan dari penyair Indonesia dan sesepuh Bima Dompu yang sudah sukses di Jakarta. Ivan kempo selaku MC acara menyampaikan bahwa kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh semua Keluarga Besar Bima Dompu dan Anjungan NTB sehingga sampai pelaksanaannya hari ini berlansung lancar. Tutur, Ivan Kempo.

Lomba rimpu dan saremba tembe yang dipimpin oleh Ivan Kempo selaku Host, diawali dengan parade bersama dipanggung oleh semua peserta lomba kemudian parade kedua yaitu parade kumpul berbaris dipanggung, dan terkahir diberikan kesempatan untuk melakukan fashion show sekaligus melakukan tutorial menggunakan rimpu tembe untuk yang putra  dan saremba tembe oleh untuk yang putra. Peserta mengenakan nomor peserta yang didapatkan pada saat pendaftaran. Setelah melakukan rangkaian proses perlombaan, keluar sebagai Duta Rimpu asal asal kecamatan Pajo kabupaten Dompu yaitu  Nur Uyunan yang biasa dipanggil Etry dengan nomor peserta 11. Pemudi Dompu dengan akun Instagram (@Etry_26) yang sangat suka dengan travelling ini berhasil  menjadi Duta Rimpu Indonesia. Sementara juara Saremba Tembe diraih oleh Anwar, berasal dari kabupaten Dompu kecamatan pajo dengan nomor peserta 06. Selain Etry, ada beberapa kategori lain yang menjadi juara, dan semua pemenang dan akan menjadi icon rimpu pada acara festival Rimpu di Monas Pada 15 Juli mendatang.

 

Baca Juga :


Kanan: Duta Rimpu (Etry) & Kiri: Duta Saremba Tembe (Anwar)

Etry, sebagai juara mengatakan alhamdulillah senang dan bangga karena bisa menjadi wakil dari puluhan peserta dan seluruh masyarakat bima dompu (mbojo) menjadi duta rimpu Indonesia serta menjadi icon budaya daerah mbojo di ajang nasional mendatang. Harapannya, semoga budaya daerah mbojo khusunya rimpu  kedepannya lebih dicintai dan dilestarikan lagi oleh masyarakat bima dompu ( mbojo), terus berkembang sampai dikenal oleh dunia baik rimpu serta makna budaya yang terkandung didalamnya, Ujar, etry.

Penulis: Ahyansyah.



 
Ahyansyah

Ahyansyah

Ahyansyah. Pemerhati Pendidikan Dasar. Asal dari Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Anak dari pasangan Bapak Burhanuddin ADT dan Ibu Ratnah. FB. Ahyansyah(Ahyan). IG. @Ahyansya. E-mail : Ahyansyah.iain55@gmail.com. HP. 085239186574.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan