logoblog

Cari

Tutup Iklan

Festival Rimpu di Malang Jawa Timur

Festival Rimpu di Malang Jawa Timur

Minggu, 15 April 2018, bertempat di Jalan besar Idjen Boulevard Kota Malang Jawa Timur, seluruh Pelajar dan Mahasiswa yang tergabung dalam

Budaya

Ahyansyah
Oleh Ahyansyah
15 April, 2018 17:33:59
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 9486 Kali

Minggu, 15 April 2018, bertempat di Jalan besar Idjen Boulevard Kota Malang Jawa Timur, seluruh Pelajar dan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiwa Dompu ( IKPMD ) Malang  mengadakan kegiatan Festival Rimpu dalam rangka peringatan HUT Kab. Dompu yang ke 203.

Walapun para pelajar dan Mahasiswa ini tidak bisa mengikuti kegiatan di Dompu NTB tetapi sebagai putra dan putri daerah yang sedang menuntut ilmu di tanah Jawa  dan rasa cinta terhadap tanah kelahirannya, tetap melaksanakan kegiatan HUT dompu yang ke 203 yang dirangkaikan dengan festival Rimpu sebagai  adat &  budaya  Dompu.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pelajar dan  mahasiswa Dompu di Malang  dari berbagai organisasi masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Dompu seperti KBMK,IMAPALA,IKPMM, HMDDM,IMKM,IKAHUMA,IKAMADAMA,KKSM,KKLM FKMPD, FORMASI.WM dan KOMPLASI. Semuanya tergabung di bawah garis kordinasi IKPMD Malang.

Peserta festival yang tergabung dalam festival rimpu ini dihadiri sekitar kurang lebih 200 peserta yang di isi dengan penampilan tari Wura Bongi Monca oleh KBMK, Patu Mbojo dan Tari Rimpu oleh Pelajar dan Mahasiwa Hu'u.

Salah satu peserta rimpu sekaligus penari tarian Wura Bongi Monca dari organisasi Keluarga Besar Mahasiswa Kempo ( KBMK ) Malang,  Rahma berharap kegiatan ini dapat membawa budaya Dompu dapat dikenal oleh masyarakat luas baik dalam negeri maupun luar negeri khususnya di Malang Jawa Timur , karena Dompu adalah salah satu daerah dengan ragam budaya yang disatukan dalam Indonesia

Saya juga turut bangga menjadi generasi Dompu dan semoga  dengan kegiatan ini dapat menginspirasi generasi selanjutnya tentang pentingnya budaya yg harus tetap di lestarikan. Untuk KBMK semoga kita tetap kompak, karena kekompakan akan membawa suatu perubahan yg besar sehingga menjadi pecinta budaya Mbojo.

 

Baca Juga :


Untuk IKPMD tuturnya, semoga dapat mengembangkan diri dalam menjalin kerjasama yang baik untuk menciptakan sesuatu yg baru  agar dikenang bahwa IKPMD memiliki generasi yg berkualitas dan NGGAHI RAWI PAHU.

Selain itu juga, Peserta lain mengatakan Budaya adalah warisan leluhur nenek moyang terdahulu, Sebagai generasi muda putra dan putri daerah Kabupaten Dompu akan tetap menjaga dan melestarikan budaya itu. Peringatan hari jadi dompu yang ke 203 merupakan  rasa syukur dari Allah SWT yang tak terhingga karena Dompu masih diberikan kemakmuran sampai saat ini.  Salah satu budaya Dompu yang harus dijaga kelestariannya adalah Rimpu.

Rimpu merupakan sebuah buday busana pada masyarakat Bima Dompu ( dou suku Mbojo).
Budaya "rimpu" telah berkembang sejak masyarakat mbojo ada. Rimpu merupakan cara berbusana yang mengandung nilai-nilai  yang sejalan dengan kondisi daerah dan bernuansa Islam (Kesultanan atau Kerajaan Islam)

Rimpu adalah cara berbusana masyarakat Bima yang menggunakan sarung khas Bima disebut sarung nggoli ( tembe nggoli ). 
Rimpu merupakan  pakaian yang menggunakan dua lembar (dua ndo`o tembe) sarung. 



 
Ahyansyah

Ahyansyah

Ahyansyah. Fresh graduate lulusan UIN Mataram tahun 2017. Pemerhati pendidikan. Asal dari kecamatan Kempo kabupaten Dompu. E-mail : Ahyansyah.iain55@gmail.com. HP. 085239186574.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan