logoblog

Cari

Tutup Iklan

IMBD UIN Mataram Gelar Pentas Budaya Bima-Dompu

IMBD UIN Mataram Gelar Pentas Budaya Bima-Dompu

Ikatan Mahasisiwa Bima-Dompu (IMBD) UIN  Mataram menggelar kegiatan Pementasan budaya Bima-Dompu untuk menguatkan nuansa Revitalisasi dana mambari rompaha atau dikenal dengan

Budaya

Fitrah Jaiman
Oleh Fitrah Jaiman
22 Maret, 2018 10:54:13
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 2040 Kali

Ikatan Mahasisiwa Bima-Dompu (IMBD) UIN  Mataram menggelar kegiatan Pementasan budaya Bima-Dompu untuk menguatkan nuansa revitalisasi dana mambari rompaha atau dikenal dengan penghidupan budaya Bima-Dompu, Kamis (15/3/2018) di Kampus II IUN Mataram. 

Dinahkodai Fajrin sebagai Umum IMBD dan Ketua Panitia Andri  mengemas acara ini dengan apik selama 3 hari, yakni  pada tanggal 15 -18 Maret 2018.

Mengusung tema  revitalisasi Dana Mambari ro Mampaha  cukup memberikan kesan positif dalam mengenal dan mengenang kembali budaya Bima-Dompu. Kegiatan ini merupakan usaha penghidupan kembali budaya Bima-Dompu.

Kegiatan ini dihadiri oleh para alumni dan pembina  IMBD UIN Mataram, antara lain Dr. Tamjidillah H. M.Amin M.Pd dan Ahmad M.Pd.  Ketika ditanya tentang kegiatan ini, Ahmad, M. Pd, sesepuh dan salah satu pembina IMBD mengatakan bahwa kegiatan pentas budaya seperti ini sudah menjadi progam wajib tahunan bagi organisasi IMBD UIN Mataram.

“Pementasan budaya mulai masuk  dalam program wajib tahunan IMBD UIN Mataram sejak dinakhodai oleh Khairul Rahman Akbar pada  periode 2011/2012. Semoga ke depan acara seperti ini lebih sempuna dan lebih inovatif lagi,” kata Ahmad.

Dalam sambutanya Dr. Tamjidillah H. M. Amin, M.Pd, berharap bahwa kegiatan atau pementasan budaya seperti ini bisa dilakukan oleh organisasi peguyuban lain. Lewat pementasan budaya akan mampu melahirkan  regenasi Bima-Dompu yang mampu menjadi budayawan ternama dalam melestarikan budaya Bima-Dompu. “Sebagai gemerasi muda, kita wajib tetap mempertahankan budaya, salah satunya dengan cara kegiatan seperti ini,” terang Tamjidillah.

Dalam rangkaian  kegiatan ini, diadakan juga  kompetisi olahraga bola voli untuk putra putri Bima-Dompu UIN Mataram. Keluar sebagai pemenang untuk kategori bola voli putra adalah Forum Mahasiswa Bolo Sila (FMB) UIN Mataram,  sedangkan untuk bola voli putri dimenangkan oleh Geng Sarewo Group.

 

Baca Juga :


Firmansyah JR, salah satu mahasiswa Universitas Muhamadiyah Mataram asal Bima yang menjadi peserta dan masuk dalam kategori penonton terbaik mengatakan bahwa kegiatan ini cukup menarik sehingga menjadi ajang silaturahmi antar mahasiswa dan keluarga besar Bima Dompu di perantuaan.

“Kami cukup terhibur dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh IMBD UIN Mataram ini makanya setiap hari setiap saya nonton. Saya perlu berterima kasih kepada pengurus IMBD UIN Mataram dan kepanitian yang telah bekerja keras atas terselenggranya kegiatan yang menarik ini,” ujar Firman.

Senada dengan Firman, Oficial tim FBM UIN Mataram, Nikho Vargas mengatakan bahwa kegiatan seperti ini menjadi ajang silaturahim antara Bima-Dompu. "Kegiatan ini akan lebih memperkuat tali silaturahim antara kami dalam bingkai kekeluargaan  dan persaudaraan," ujarnya. 

Juman Prabu yang menjabat sebagai dewan pertimbangan  organisasi IMBD UIN Mataram membenarkan dan menambahkan, kegiatan  ini bukan hanya sebagai ajang silaturahim tapi juga sebagai ajang memperkenalkan budaya Bima-Dompu kepada suku sasak, yang  tujuannya bukan untuk membenturkan antara budaya Bima-Dompu dengan budaya yang lainnya.

“Sejatinya ini adalah pementasan budaya dengan harapan budaya Bima-Dompu tetap eksis dan dilestarikan,” ujar Juman antusias. (Fitrah Jaiman)



 
Fitrah Jaiman

Fitrah Jaiman

Lidah memang sangat kecil dan ringan, tapi ia bisa mengangkatmu ke derajat paling tinggi atau justru menjerumuskanmu ke kedalaman terendah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan