logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tradisi Ngurisan

Tradisi Ngurisan

KM-RENSING BAT_ Salah satu kearifan lokal di masyarakat Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur adalah Tradisi "ngurisan" atau

Budaya

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
20 Desember, 2017 10:40:52
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 6717 Kali

KM-RENSING BAT_ Salah satu kearifan lokal di masyarakat Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur adalah Tradisi "ngurisan" atau potong rambut bayi. Tradisi yang merupakan sunnah nabi kepada bayi yang baru lahir setelah memberikan nama yang baik kepadanya telah lama berkembang di masyarakat Rensing Bat dilakukan secara mandiri (orang tua menngundang tuan guru atau masyarakat kerumahnya) ataupun dilakukan secara berjamaah di masjid atau mushalla disaat ada acara peringatan hari besar islam seperti peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, peringatan nuzulul qur’an, hari lebaran idul fitri atau lebaran idul adha atau pengajian-pengajian besar lainnya manakala para tuan guru/orang alim datang ke tempat pengajian.

Sebagaimana hal yang terjadi pada saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H. dan Tasyakkuran atas anugerah gelar pahlawan nasional TGKH.M. Zainuddin Abdul Madjid yang di digelar oleh Remaja Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat dengan Karang Taruna Garda Bhakti dan Aliansi Mahasiswa Pemuda Rensing Bat (AMPAR) bertempat di Masjid Nurul Islam Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur, pada hari Ahad, 10 Desember 2017 atau 21 Rabi’ul Awwal 1439 H lalu di manfaatkan oleh puluhan jamaah yang memiliki balita untuk ngurisan mengambil barakah dan didoakan oleh tuan guru.

Acara ngurisan ini menjadi salah satu item acara pengajian Maulid Nabi Muhammad SAW dimana puluhan bayi digendong oleh orang tua atau kerabatnya masing-masing di bawa ke depan panggung pengajian di dalam masjid dengan membawa satu wadah yang berisi air, aneka jenis bunga wangi dan gunting.

Acara ngurisan biasanya diiringi dengan pembacaan sholawat atau berzanji satu persatu bayi disodorkan kepalanya kepada 5 tuan guru atau ustaz yang hadir yakni TGH. Abdul Baasith Asdjazzi, Lc (cicit pahlawan nasional maulanasyaikh TGKH.M. Zainuddin Abdul Madjid), TGH. Abdul Khalik Saleh Alhafiz, S.Pd.I., TGH. Zakaria Al-Anshori, Ust. Dr. H.Muslihun Muslim, M.Ag. dan TGH. Ahmad Baihaqi, Lc.

 

Baca Juga :


Tradisi ngurisan anak sholeh berjmaah di masjid atau mushalla pada acara-acara pengajian merupakan tradisi baik selain sunnah juga warisan nenek moyang untuk mengambil berkah, minta untuk didoakan oleh para alim ulama dan menunjukkan kesyukuran kepada Allah SWT, menurut salah seorang tokoh agama dan masyarakat Desa Rensing Bat yang juga kepala KUA Kec. SakraBarat H. Muhsin, S.Pd.I bahwa kegiatan "ngurisan" yang digelar pada acara pengajian merupakan kebiasaan yang sudah lama dilakukan di Masjid Nurul Islam hal ini untuk mengambil berkah agar anak-anak yang di kuris menjadi anak sholeh dan sholehah dan juga sangat meringankan bagi para orang tua yang memiliki bayi mungkin kalau mengadakan sendiri di rumah dengan mengundang para tuan guru atau masyarakat mungkin sangat sulit sehingga dengan memanfaatkan momentum hari besar islam masyarakat bisa terbantu.

Masyarakat di Desa Rensing Bat setiap hari besar islam selalu mengadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid kadang di mushalla dengan mengundang para tuan guru untuk memberikan pengajian atau tausyiah agama yang dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat, biasanya setiap acara hari besar islam bagi ibu-ibu memanfaatkannya juga dengan “roah” atau membawa dulang atau plastik berisi jajan tradisional ke masjid untuk dibagikan kepada jamaah yang menghadiri pengajian. (n_a)



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan