logoblog

Cari

Tutup Iklan

FKS, Cara Masyarakat Mempertahankan Warisan Budaya Leluhur

FKS, Cara Masyarakat Mempertahankan Warisan Budaya Leluhur

KM Gempar, Festival Kampung Syahdu (FKS 2017) Kecamatan Lantung telah sukses terlaksana. Sebuah terobosan dari Wilayah selatan Sumbawa dalam upaya mempertahankan

Budaya

KM. Gempar
Oleh KM. Gempar
23 November, 2017 11:45:27
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 5120 Kali

KM Gempar, Festival Kampung Syahdu (FKS 2017) Kecamatan Lantung telah sukses terlaksana. Sebuah terobosan dari Wilayah selatan Sumbawa dalam upaya mempertahankan Budaya dan adat istiadat Masyarakat Sumbawa serta mampu dikemas dalam bentuk Festival Kampung Syahdu Kecamatan Lantung tahun 2017. Festival yang dihajatkan sebagai pondasi awal Kecamatan Lantung mengusung Pariwisata berbasis Budaya dan adat istiadat Masyarakat Sumbawa ini telah mampu menarik minat beberapa agen Tour And travel serta memasukkan Destinasi Wisata Lantung kedalam pakat paket liburan yang akan ditawarkan ke Wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tak ketinggalan pula ketertarikan dari Media Televisi Nasional yang meliput secara Langsung FKS Lantung ke dalam program yang mengangkat dan mempromosikan Pariwisata yang ada di seluruh Indonesia. Camat Lantung, Iwan Sofian, mengakan bahwa Festival Kampung Syahdu dihajatkan sebagaimana yang dikreasikan tim riset yang telah dibentuk sejak dua bulan yang lalu. Juga atas hasil konsultasi pihaknya dengan Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) maupun Dewan Kesenian serta Dinas Pariwisata

“Atas dasar itu, tim riset bergerak di tengah masyarakat di Kecamatan Lantung. Apa yang kami lakukan adalah manifestasi kekuatan masyarakat Kecamatan Lantung menghadirkan kesyahduan dan keramahan maupun semangat dalam rangka mengeksplorasi diri.Sehingga masyarakat Kecamatan Lantung mampu mensejajarkan diri dengan Kecamatan Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa," ungkap Camat Muda yang terkenal Kreatif tersebut.

“Anggaran kegiatan ini berkolaborasi antara Dana Desa di empat Desa dan Dana di Kecamatan Lantung. Inshaa Allah tahun depan masing masing Desa akan menyelenggarakan Festival di wilayah masing masing,” Tambah Camat Zaman Now tersebut.

 

Baca Juga :


Dia berharap, ajang Festival Kampung Syahdu ke depan menjadi salah satu respresentasi bagi Kabupaten Sumbawa yang bisa di jual bersama destinasi-destinasi wisata di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Asisten III Setda Sumbawa, A. Rahim juga berpendapat bahwa Festival ini merupakan ajang untuk mempertahankan budaya masyarakat Sumbawa.
“Salah satu diantaranya adalah merevitalisasi kembali budaya Sumbawa melalui rangkaian kegiatan yang terangkum dalam kegiatan Festival Kampung Syahdu ini Agar para generasi muda Sumbawa dapat mengenal dengan baik budaya daerahnya sendiri. Kepada para panitia, seniman, budayawan dan masyarakat Kecamatan Lantung, Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya sebagai upaya mempertahankan warisan budaya leluhur dan membawa daerah ini menjadi lebih maju" Ungkapnya pada malam Pagelaran Sarembang Syahdu FKS 2017 Kecamatan Lantung.***Ryan Muammar



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan