logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pesona Suar Teja Raboran 2017

Pesona Suar Teja Raboran 2017

RAGAM BUDAYA RABORAN Festival Suar Teja Raboran (SuTeRa)  2017 yang berlangsung dari tanggal 13 sampai 23 September 2017 yang di pusatkan di

Budaya

Randal Patisamba
Oleh Randal Patisamba
30 September, 2017 06:16:44
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 10269 Kali

RAGAM BUDAYA RABORAN

Festival Suar Teja Raboran (SuTeRa)  2017 yang berlangsung dari tanggal 13 sampai 23 September 2017 yang di pusatkan di Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu resmi di tutup oleh Wakil Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah. Dalam sambutannya pada Malam Puncak Pergelaran Suar Teja Raboran sabtu lalu, beliau berharap event SuTeRa dapat di selenggarakan setiap tahun. "Pemerintah Sumbawa sangat apresiasi terhadap apa yang telah di laksanakan pada event Seni Budaya Suar Teja Raboran pada tahun ini".

Event Suar Teja Raboran merupakan bagian dari rangkaian Festival Pesona Moyo 2017. Berbagai kesenian tradisional Sumbawa di pentaskan seperti Rabalas Lawas, Bagonteng, Ngumang, ragam tarian dan tari kreasi baru. 

Selain itu, sutera juga melaksanakan pawai budaya dengan tema Prosesi Perkawinan Adat Sumbawa dan Permainan Tradisional Anak yang di ikuti oleh 12 desa dan seluruh tingkatan sekolah di Kecamatan Moyo Hulu. 

Menurut ketua panitia, Randal Patisamba bahwa penyelenggaraan Suatu Teja Raboran bertujuan mengembangkan seni dan budaya daerah Sumbawa. Seperti di ketahui bahwa Moyo Hulu di kenal sebagai gudang para seniman dan kaya akan sejarah.

Selain itu untuk mengenalkan berbagai potensi wisata salahsatunya melalui Sutera Bike Adventure yang mengambil lokasi di Kawasan Bendungan Batu Bulan. Puluhan atlet dan penghobi sepeda se pulau Sumbawa ikut ambil bagian pada kegiatan ini.

 

Baca Juga :


Yang menarik pada tahun ini juga di selenggarakan prosesi budaya Sedekah Lawang Agung di Desa Pernek. Prosesi ini merupakan bentuk syukur masyarakat setempat atas keberhasilan panen mereka dan agar kehidupan mereka selalu aman damai dan sejahtera. 

Untuk FGD mengambil tema Pengembangan Seni Budaya dan Kesadaran Wisata dalam rangka Mendukung Pembangunan Pariwisata Sumbawa yang Hebat Bermartabat yang di selenggarakan di Kawasan Wisata Liang Bukal Desa Batu Tering.

Tahun depan Sutera akan mengangkat atraksi budaya seperti Tradisi Biso Dupak, Berang Rea dan Prosesi Syukuran Orong Sampar Patonang. () 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan